Senin, Juni 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sepekan Berlangsung, Expo Pesta Erau Bantu Tingkatkan Pendapatan UMKM

TENGGARONG – Setelah sepekan lebih berlangsung, Expo Pesta Erau Adat Pelas Benua 2023 secara resmi ditutup Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, Minggu (1/10/2023) malam. Penutupan dimeriahkan penampilan grup musik El Corona Gambus. Ribuan penonton pun memadati lokasi acara yang terpusat di halaman parkir Stadion Rondong Demang, Tenggarong, Kukar.

Ekspo ini diikuti puluhan pelaku UMKM lokal, puluhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan perbankan. “Atas nama pemerintah kabupaten menyampaikan terima kasih, ekspo ini tidak dibiayai oleh pemerintah, tapi murni dilakukan oleh event organizer,” ujar Edi Damansyah.

Ia mengatakan, ekspo ini menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk memberikan ruang dan keberadaan ekonomi kreatif di Kukar. Terbukti, banyak pelaku UMKM yang kebanjiran order selama ekspo. Ini sesuai dengan harapan pemkab untuk selalu menyiapkan event-event yang memberikan dampak langsung kepada industri ekonomi kreatif.

Tidak hanya memberikan ruang kepada sektor ekonomi kreatif, dalam sepekan ekspo ini pun menghadirkan penampilan kesenian dan kebudayaan dari 20 kecamatan di Kukar. Masing-masing kontingen, mendelegasikan perwakilannya untuk tampil di hadapan pengunjung. Hal ini sejalan dengan upaya Pemkab untuk meningkatkan dan memperkenalkan lebih luas kesenian di Kukar.

“Ini tidak terlepas dari saran masukan usulan para penggiat seni dan komunitas untuk mengemasnya menjadi baru, memang kita ingin budaya Kukar mendunia,” tutupnya. (ADV/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular