Minggu, Juli 14, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Senat AS Isyaratkan Pemakzulan Joe Biden

KORANUSANTARA – Joe Biden di ujung tanduk. Partai Republik merasa sudah punya cukup bukti untuk menggulingkan Presiden Amerika Serikat (AS) tersebut. Ketua DPR AS Mike Johnson mengisyaratkan bahwa partainya akan mengajukan pemungutan suara guna menggelar penyelidikan formal pemakzulan Biden.

Usulan itu terkait dengan dugaan korupsi dan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan Biden. ’’Saya pikir itu adalah sesuatu yang harus kita lakukan saat ini,’’ ujar Johnson, Sabtu, 2 Desember 2023, dalam wawancara di Fox News.

Johnson, yang hadir bersama Ketua Konferensi Partai Republik di DPR Elise Stefanik, mengklaim penyelidikan itu tidak akan digunakan sebagai alat politik partisan. ’’Ini sangat berbeda,’’ tambahnya.

Johnson mengakui, penyelidikan yang dilakukan partainya tidak mudah. Itu karena Gedung Putih berusaha menghalangi. Misalnya dengan mencegah 2–3 saksi dari Departemen Kehakiman (DOJ) untuk memberi kesaksian.

’’Gedung Putih telah menahan ribuan halaman bukti (dari arsip nasional),’’ terang politikus Republik itu. Sangat mungkin voting diajukan pekan depan sebelum DPR memasuki masa reses.    Jubir Kantor Penasihat Gedung Putih Ian Sams menyebut langkah Republik adalah upaya yang tidak berdasar dan bermotif politik. Dia menuding bahwa penyelidikan itu mencerminkan bagaimana Partai Republik fokus pada prioritas yang salah. ’’Mereka seharusnya menangani isu-isu nyata yang benar-benar menjadi perhatian warga Amerika, seperti halnya yang dilakukan presiden,’’ tegasnya. (*) 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular