Minggu, Juni 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Seleksi Paduan Suara Gita Bahana Nusantara dan Gita Kumala Nusantara di Kutai Kartanegara : 210 Peserta Unjuk Suara

TENGGARONG – Gedung Pendopo Odah Etam, Tenggarong, menjadi saksi dari rangkaian seleksi paduan suara Gita Bahana Nusantara Perwakilan Kutai Kartanegara dan Paduan Suara Gita Kumala Nusantara Kabupaten Kutai Kartanegara pada hari Rabu, 8 Mei 2024.

Assisten III Bupati Kutai Kartanegara, Dafip Haryanto, menjelaskan bahwa hari ini merupakan awal dari seleksi untuk kelompok Gita Bahana Nusantara yang akan mewakili daerah ini dalam seleksi nasional, serta Gita Kumala Nusantara untuk tim Kabupaten Kutai Kartanegara pada peringatan 17 Agustus tahun 2024.

“Kami memberikan apresiasi kepada semua peserta yang berjumlah 210 orang, diharapkan talenta terbaik akan terpilih untuk tampil dalam rangkaian kegiatan peringatan 17 tahun 2024,” ujar Dafip.

Selain itu, hadir pula perwakilan dari Dinas Pendidikan Budayaan Provinsi Kabupaten Timur yang tertarik untuk melihat proses seleksi daerah terhadap siswa-siswa yang akan mewakili daerah dalam Gita Bahana Nusantara di peringatan 17 Agustus tingkat nasional.

Dalam seleksi ini, beberapa kriteria telah disosialisasikan kepada peserta untuk mempersiapkan mereka secara maksimal. Dafip juga mengungkapkan bahwa ada dua seleksi, yakni 30 orang untuk tim Aubade tingkat kabupaten dan 6 orang terpilih untuk seleksi tingkat provinsi untuk siswa-siswi yang akan masuk dalam tim AUBADE Provinsi dan jika lulus di Provinsi bisa tampil di IKN. “Untuk 30 peserta biasanya tampil di Kabupaten dan untuk yang 6 orang bisa berkesempatan untuk tingkat Nasional,” tambahnya.

Meskipun hanya sedikit yang terpilih, Dafip mengingatkan peserta agar tidak berkecil hati. “Kriteria yang dicari memang selektif, namun yang tidak terpilih juga bisa menjadi pembelajaran. Persiapkan diri dengan baik untuk tahun-tahun yang akan datang,” tambahnya.

Seleksi ini akan melibatkan pelatihan selama 3 bulan bagi peserta terpilih, dengan fokus pada latihan vokal, penampilan, koreografi, dan lainnya. “Kita harapkan para peserta nanti dapat tampil maksimal dalam perhelatan peringatan 17 Agustus tahun ini,” tutupnya. (adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular