Minggu, Juni 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sekda Kutai Kartanegara Mendorong Optimalisasi Kerjasama Antar Daerah dan dengan IKN

TENGGARONG – Kutai Kartanegara semakin mengukuhkan kerjasama antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mulai dari tingkat Kecamatan hingga Desa/Kelurahan. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara, Sunggono, dalam acara Bimbingan Teknis Penyusunan Rancangan Pemetaan Potensi Kerjasama Daerah (KSD) dan Simulasi Draft Penyusunan Naskah Kerjasama di Hotel Mercure Samarinda pada Jumat (3/5/24).

Sunggono menekankan tiga aspek penting terkait kerja sama, yaitu evaluasi kerja sama yang sudah ada, penyesuaian dengan rencana strategis dan tugas pokok fungsi OPD, serta perhatian terhadap Infrastruktur Komunikasi dan Navigasi (IKN). Adapun kerja sama yang telah terverifikasi akan ditingkatkan statusnya, sementara persiapan untuk pemindahan IKN juga menjadi perhatian serius.

“terakhir saya ingatkan lagi persiapan antisipasi pindahnya IKN harus dicermati. Beberapa hal kerjasama yang terverifikasi yang sudah bisa ditingkatkan statusnya, misalnya dari sifatnya hanya beberapa sektor menjadi berlebih itu hendaknya sudah dilakukan,” jelasnya.

Terlebih lagi, Sunggono menyoroti pentingnya kerjasama dengan Otoritas IKN dalam bidang transportasi dan ekonomi. Surat dari Otorita IKN meminta Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara untuk menginventarisir potensi kerja sama yang bisa dilakukan. Ini merupakan langkah strategis untuk mempercepat pembangunan daerah.

Dalam konteks evaluasi, Sunggono menekankan perlunya mengukur efektivitas dan keberlanjutan kerja sama yang sedang berjalan. Kecamatan juga diharapkan dapat mentransfer pengetahuan dari acara bimbingan teknis ini kepada Desa/Kelurahan, yang kemungkinan akan terlibat dalam kerja sama di masa depan, baik dengan pihak ketiga maupun antar desa/kelurahan.

“Dengan demikian, upaya kita ujtuk optimalisasi kerja sama antar daerah dan dengan IKN ini dapat meningkat secara menyeluruh dan berkelanjutan,” pungkasnya.(adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular