Minggu, Juli 14, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sejak Awal Tahun Distanak Kukar Intensifkan Program Penggemukan Sapi

TENGGARONG – Penggemukan ternak sapi menjadi salah satu program Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Kartanegara (Kukar), sejak awal 2023. Program ini sebagai upaya memastikan bobot ternak pembudidayaan mencapai berat ideal dan standar harga pasar.

Kegiatan diawali dengan sosialisasi, penyuluhan, dan pendampingan yang dilakukan oleh Distanak Kukar, sejak 6 bulan lalu. Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Distanak Kukar, Aji Gozali Rahman, menjelaskan sejak awal 2023, Distanak telah melakukan penyuluhan secara intesif untuk meningkatkan mutu ternak.

“Distanak Kukar telah melakukan pendampingan agar penggemukan ternak maksimal,” ucap Gozali. Pembudidaya ternak yang menerima penyuluhan secara rutin tambahnya, tersebar di 6 kecamatan, yaitu Samboja, Muara Jawa, Loa Janan, Loa Kulu, Tenggarong Seberang, dan Kota Bangun.

Sebagai materi penyuluhan, Distanak umumnya memberikan pengetahuan terkait kesehatan dan reproduksi hewan. Selain itu, pemilihan pejantan yang berkualitas juga menjadi fokus penyuluhan agar ternak lokal memiliki standar mutu yang baik. Pada akhirnya, upaya penggemukan sapi untuk kebutuhan kurban akan berjalan optimal.

“Adanya pembinaan dan pendampingan dari Distanak Kukar, diharapkan kualitas sapi yang dihasilkan semakin baik,” pungkas Aji Gozali. (ADV/KN)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular