Kamis, Februari 29, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sah! Pangeran Mateen Nikahi Gadis dari Rakyat Biasa

Putra ke-10 Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Pangeran Abdul Mateen resmi mengakhiri masa lajangnya. Bukan dengan sesama bangsawan, pria berusia 32 tahun ini menikahi seorang rakyat biasa bussinesswoman bernama Dayang Anisha Rosnah Isa-Kalebic.

Wanita berusia 29 tahun yang akrab dipanggil Anisha Isa itu adalah cucu penasihat Sultan Bolkiah, Pehin Datuk Isa. Mateen dan Anisha mengikrarkan sumpah sehidup semati sebagai sepasang suami istri pada Kamis (11/1/2024).

Perayaan pernikahan pasutri baru itu berlangsung selama 10 hari dan sudah dimulai sejak akhir pekan lalu. Pada Minggu (7/1), upacara pra-pernikahan Khatam Quran telah lebih dulu dilaksanakan.

Dikutip dari The National, upacara pembubuhan bedak — yang sudah menjadi tradisi turun-menurun di keluarga Kerajaan Brunei, digelar di hari keempat prosesi, yaitu pada Rabu (10/1/2024).

Dalam prosesi yang dilaksanakan di Istana Sultan ini, calon pengantin diberkati oleh anggota keluarga terdekat dengan mengoleskan bedak ke tangan atau seluruh tubuh mereka. Ritual tersebut melambangkan kesuburan dan kekayaan yang sudah dilakukan selama ratusan tahun.

Sehari setelahnya, prosesi akad nikah dan ijab kabul berlangsung di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien di Ibu Kota Bandar Seri Begawan yang dihadiri oleh anggota keluarga masing-masing pengantin.

Setelah resmi menjadi sepasang suami istri, Mateen dan Anisha lalu menggelar parade di Bandar Seri Begawan dan menyapa warga yang sudah berbaris di jalanan untuk menyaksikan prosesi pengantin baru ini. “Ini seperti sesuatu yang ada di film,” kata salah seorang warga.

“Ini seperti sebuah dongeng,” tambah lainnya.

Adapun pesta pernikahan megah (royal wedding) Mateen dan Anisha bakal dilaksanakan pada Minggu (14/1/2024).

Royal wedding diperkirakan bakal dihadiri pemimpin politik serta bangsawan seperti Pangeran William dan Kate Middleton dari Inggris serta Putra Mahkota Yordania Hussein dan Putri Rajwa — yang dulu pernikahannya pernah dihadiri Mateen. Presiden Jokowi dijadwalkan juga menghadiri resepsi ini.

Adapun Mateen dan Anisha dilaporkan telah berpacaran beberapa tahun sebelum kabar pertunangan mereka dipublikasikan ke media sosial pada Oktober 2023.

Menurut laporan media, kakak Anisha, Danial Ceen Isa-Kalebic, adalah teman Mateen. Sehingga, pasangan ini kemungkinan telah mengenal satu sama lain melalui Danial — meski ini belum dapat dikonfirmasi secara resmi. (Kum/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular