Senin, Februari 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rusman Ajak Mahasiswa Unmul Kuliah Lapangan di Karang Paci

SAMARINDA – Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Ya’qub, ajak mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman (Unmul) mengikuti kuliah lapangan di DPRD Kalimantan Timur.

Kuliah lapangan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Rusman sebagai dosen dan anggota dewan. Sebanyak 30 Mahasiswa yang hadir, mendapatkan materi implementasi politik kekuasaan di DPRD oleh Rusman Ya’qub yang mengajar mata kuliah pengantar ilmu politik di Unmul. Mereka diberikan kesempatan untuk melihat langsung proses politik di lembaga legislatif provinsi.

“Mahasiswa bisa belajar teori ilmu politik di kelas, tapi mereka juga harus tahu bagaimana prakteknya di lapangan. DPRD adalah tempat di mana politik kekuasaan berlangsung, di mana anggota dewan berkompetisi memperjuangkan aspirasi masyarakat dan kepentingan publik,” ujar Rusman, Kamis lalu (2/11/2023).

Politisi PPP ini menambahkan, DPRD juga bisa menjadi wadah pendidikan bagi mahasiswa dan masyarakat umum. Ia berharap, dengan adanya kuliah lapangan ini, mahasiswa bisa lebih mengerti tentang politik dan bagaimana berpolitik yang sehat. Rusman berencana untuk mengadakan kegiatan serupa secara rutin dengan melibatkan mahasiswa dari berbagai jurusan dan fakultas di Unmul.

“DPRD ini milik publik, bukan hanya milik anggota dewan. Kami terbuka untuk menerima kunjungan studi dari siapa saja yang ingin belajar ilmu politik di DPRD, baik dari perguruan tinggi maupun dari sekolah-sekolah,” ungkap Rusman. (Adv/DPRDKaltim/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular