Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rudi Mangunsong: Orang Tua Harus Aktif Bimbing Etika Berkomunikasi Anak

TANJUNG REDEB – Wakil Ketua Komisi I DPRD Berau, Rudi Mangunsong menyambut baik upaya sosialisasi pencegahan yang dilakukan OPD terkait untuk mencegah terjadinya kasus perundungan (bully) di satuan pendidikan, mulai SD hingga SMA se-Kabupaten Berau.

Dirinya juga mengimbau kepada semua kepala sekolah dan guru untuk aktif melakukan pengawasan. Dengan cara memberikan materi norma-norma perilaku sosial yang baik dan benar.

“Materi-materi itu bagus diberikan sebelum kegiatan pembelajaran di mulai pada pagi hari,” ucapnya Jumat (6/10/2023).

Meski peran guru dan kepala sekolah bersifat terbatas, menurut Rudi dengan sudah ada metode kurikulum merdeka yang telah ditetapkan pemerintah pusat. Maka, ia pun mengimbau kepada orangtua harus aktif di rumah dalam membimbing tentang etika berkomunikasi.

“Perilaku budi pekerti akhlak itu harus dimaksimalkan oleh orang tua di rumah juga dalam mengawasi karakter anak sebelum hidup bersosial dengan masyarakat,” imbuhnya.

“Karena pendidikan karakter anak awal mula terbangun dari lingkungannya di rumah yaitu kedua orangtua harus peran aktif mewujudkan hal tersebut,” sambungnya.

Kendati demikian, pihaknya sangat mendukung jika benar ada kasus pertama buli atau perudungan hingga kekerasan fisik oleh guru kepada siswa diselesaikan melalui ranah hukum.

“Karena kita tidak ingin kasus ini bakal terus berkelanjutan. Maka ya wajib hukumnya tindak tegas sesuai peraturan undang-undang yang berlaku,” pungkasnya. (ADV/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular