Senin, Juni 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rudi Mangunsong Dorong Pemkab Berau Tuntaskan Blank Spot

TANJUNG REDEB – Anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi Parasian Mangunsong, mendorong Pemerintah Kabupaten Berau untuk melakukan berbagai upaya dalam menuntaskan wilayah blank spot di wilayah paling utara Provinsi Kalimantan Timur.

Menurutnya, internet telah menjadi kebutuhan dasar dalam mendukung berbagai aktivitas sehari-hari, mulai dari mencari ilmu, berbisnis, hingga berinteraksi sosial. Bahkan, hanya dengan menggunakan ponsel pintar, masyarakat dapat mengakses layanan pemerintah tanpa harus datang ke kantor.

“Ini merupakan bukti bahwa internet sangat dibutuhkan oleh banyak orang,” jelasnya.

Meskipun beberapa perkampungan telah memiliki akses telekomunikasi, Rudi menekankan agar pemerintah tidak boleh berpuas diri. Pemerintah harus terus mencari solusi atau alternatif lain agar seluruh kampung di Kabupaten Berau dapat mengakses internet.

Ketidaktersediaan fasilitas untuk mengakses dunia maya, katanya, dapat berdampak negatif pada pertumbuhan ekonomi. Dengan adanya internet, masyarakat dapat berbisnis secara online, sementara di wilayah blank spot, mereka harus bekerja ekstra untuk mencari pelanggan.

“Dampaknya sangat dirasakan dalam sektor ekonomi. Dengan internet, semua aktivitas dapat dilakukan dengan lebih mudah. Masyarakat tidak lagi terkendala oleh jarak dan waktu dalam memasarkan produk atau hasil pertanian mereka,” jelasnya.

Rudi berharap bahwa ketika blank spot berhasil teratasi, hal ini akan memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk berkreasi dan berekspresi serta mengeksplorasi potensi di wilayah masing-masing. Hal ini karena hampir semua aspek kehidupan memerlukan akses internet yang baik.

Kehadiran internet di setiap kampung juga akan mempermudah tugas pemerintah, seperti mempromosikan pariwisata tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Secara tidak langsung, partisipasi masyarakat dan wisatawan dalam membagikan momen di lokasi wisata di media sosial juga dapat menjadi promosi gratis.

“Dampaknya sangat positif karena melibatkan partisipasi masyarakat dalam mengoptimalkan kinerja pemerintah,” tambahnya.

Meskipun masih belum optimal, dia juga mengapresiasi program Pemerintah Kabupaten Berau yang menyediakan layanan WiFi gratis untuk mengatasi blank spot di beberapa wilayah. Dia juga menyarankan agar pemerintah bekerja sama dengan penyedia layanan untuk program-program yang saling menguntungkan. (KN/ADV)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular