Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

RK di Antara Ganjar dan Prabowo

KORANUSANTARA – Ridwan Kamil jadi rebutan. Mantan gubernur Jawa Barat tersebut menarik minat dua bacapres. Setelah disebut dilamar Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri untuk mendampingi Ganjar Pranowo, teranyar giliran Prabowo Subianto yang menjalin penjajakan.

Melalui laman sosial medianya, Prabowo mengumumkan pertemuannya dengan sosok yang akrab disapa RK itu. Momen itu terjadi di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan, Rabu, 13 September 2023.

Malam itu, RK membawa oleh-oleh cilok bandung untuk Prabowo. Sebaliknya, Prabowo menyuguhkan RK nasi liwet, sate, ayam goreng, ikan goreng, tempe dan tahu, sayur serta sambal nawang.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Marcus Mekeng membenarkan pertemuan itu. Dia menduga, pertemuan itu sebagai bagian dari penjajakan akhir sebelum memutuskan nama cawapres.

Karena itu, tak hanya RK, Mekeng menyebut Prabowo juga menemui kandidat lain. Seperti Airlangga Hartarto hingga Erick Thohir. “Tentunya Pak Prabowo melihat sebuah diferensial yang dimiliki semua calon,” ujarnya.

Upaya itu, diyakininya juga dilakukan Ganjar dan Megawati dengan menemui nama-nama kandidat. Dalam politik, itu aktivitas yang lumrah. Selain penjajakan, Mekeng juga memaknai pertemuan itu sebagai upaya Prabowo memagari RK tidak keluar dari Golkar. Terlebih, RK yang dominan di Jawa Barat berpotensi diambil calon lawannya.

Sementara itu, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengaku belum mengetahui detail pertemuan antara RK dan Prabowo. Yang jelas, keduanya memang bersahabat sejak lama. “Ini pertemuan dua sahabat cukup lama dan kemungkinan membicarakan tentang Pilpres 2024,” kata Muzani di Bandung dalam keterangannya.

Diakuinya, nama RK memang masuk dalam list kandidat pendamping Prabowo. “Salah satu nama yang diperbincangkan, dibicarakan di internal Gerindra sebagai kandidat,” imbuhnya. Namun Muzani menekankan, penetapan nama wakil harus ditetapkan melalui Koalisi Indonesia Maju (KIM). Sehingga tidak bisa hanya diputuskan oleh Gerindra.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular