Rabu, April 24, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ratusan Kepsek di PPU Dituntut Perbaiki Manajemen Guru untuk Tingkatkan Mutu Pembelajaran

PPU – Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun memberikan arahan pada ratusan kepala sekolah (kepsek) yang ada di Benuo Taka. Mereka secara langsung diminta untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sektor pendidikan di PPU.

Pertemuan kepala sekolah (kepsek) mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga sekolah Menengah Atas (SMA) dilakukan di Lantai I Kantor Bupati PPU, Kamis (15/2/2024). Dalam agenda pertemuan dan peningkatan peran kepala sekolah dan guru di lingkungan sekolah.

“Masalah pendidikan ini bagi saya tidak ada toleransi. Saya tidak pernah main-main jika menyangkut pendidikan di kabupaten PPU. Ini menjadi perhatian kita semua,” katanya.

Untuk itu, ia mengajak seluruh kepala sekolah termasuk para guru di agar bersama-sama mewujudkan pendidikan yang lebih baik di tanah benuo taka tersebut. Apalagi, menurutnya, berdasarkan data yang ada Monitoring Center of Prevention (MCP), PPU di bidang manajemen ASN termasuk manajemen guru, termasuk kabupaten terendah se-Indonesia hanya di angka 16,8 pada posisi Agustus 2023.

“Saya coba dengan sekuat tenaga untuk memperbaiki semua itu. Kita bersyukur kemarin di awal januari 2024 MCP kabupaten PPU sudah diangka 65,8 persen. Begitu juga sektor lainnya salah satunya terkait pelayanan publik, PPU telah memperoleh penghargaan tiga besar se kaltim dari Ombudsman Ri,” ungkap Makmur.

Tambahnya, bahwa sektor pendidikan merupakan hal terpenting dalam membagun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Termasuk sektor lainnya seperti kesehatan, pertanian dan beberapa sektor lainnya.

Kemudian juga hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN), menuntut masyarakat kabupaten PPU memiliki SDM yang mampu bersaing. Jika itu tidak dapat diwujudkan, dikhawatirkan putra-putri daerah tidak dapat berperan dalam kemajuan pembangunan di IKN nantinya.

“Ini tugas kita bersama. Para kepala sekolah, guru dan pemerintah daerah kabupaten PPU tentunya untuk mewujudkan SDM yang lebih baik di kabupaten PPU agar kita tidak menjadi penonton di daerah sendiri,” tutup Makmur. (ADV/Humas/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular