Sabtu, Juni 15, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Puskesmas Loa Janan dan Desa Loa Janan Ulu Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Hari Hipertensi Sedunia 2024

TENGGARONG – Dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Sedunia 2024, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Loa Janan bekerja sama dengan Desa Loa Janan Ulu, Kecamatan Loa Janan, mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis pada Minggu (9/6/2024). Acara ini dipusatkan di Posyandu Angsoka, Jalan Manunggal, Desa Loa Janan Ulu, Kutai Kartanegara (Kukar), dan diikuti oleh 156 pasien warga sekitar.

Kepala Puskesmas Loa Janan, Rusliansyah Efendi, mengungkapkan rasa syukurnya atas keberhasilan kegiatan ini. “Alhamdulillah, hari ini peringatan serentak Hari Hipertensi Sedunia dilaksanakan di seluruh Kabupaten Kutai Kartanegara, khususnya Kecamatan Loa Janan. Kami berhasil melebihi target dengan mencapai 156 pasien dari target 110,” ujarnya.

Efendi juga menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat. “Terima kasih sebesar-besarnya kepada pemerintah kecamatan, kepala desa, PKK, dan semua pihak yang telah berkontribusi aktif dalam kelancaran kegiatan hari ini,” tuturnya.

Pemeriksaan yang digelar meliputi pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, gula darah, asam urat, serta penyuluhan kesehatan dan senam bersama. “Jika ada warga yang ditemukan memiliki masalah kesehatan, mereka akan diarahkan ke puskesmas untuk penanganan lebih lanjut,” jelas Efendi.

Kegiatan ini diikuti oleh partisipan dari usia 15 tahun hingga lansia. Efendi berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan. “Kami berharap puskesmas bisa berperan aktif dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Kami juga berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur,” pungkasnya.

Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan berbagai sumber daya masyarakat seperti Posyandu, Posbindu, BKKBN, PKK, dan Desa Siaga, untuk memberdayakan masyarakat dalam menjaga kesehatan mereka secara mandiri.

Kepala Bidang P3L Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara (Kukar), Supriyadi, menginformasikan bahwa Kutai Kartanegara berhasil memenuhi target pemeriksaan kesehatan dengan pencapaian tertinggi di antara 10 kabupaten/kota. “Alhamdulillah, Kukar mencapai 4267 pemeriksaan, tertinggi dibandingkan kabupaten/kota lainnya,” ujarnya, menambahkan bahwa pencapaian ini berhasil memecahkan rekor MURI.

Kepala Desa Loa Janan Ulu, Supariyo, juga mengungkapkan rasa syukurnya atas keberhasilan acara ini. “Kami menggelar acara ini sesuai arahan Camat Loa Janan dan Puskesmas Loa Janan. Pencapaiannya lumayan dengan 156 orang yang hadir untuk diperiksa. Acara berjalan dengan lancar, dan sebagai tuan rumah, kami menjalankan sesuai arahan camat dan koordinasi dengan puskesmas. Harapan saya adalah menunggu tindak lanjut dari Dinas Kesehatan dan puskesmas mengenai kesehatan masyarakat,” tambahnya.

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular