Sabtu, April 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Program Kukar Berkah Atau Rehabilitasi Rumah Ibadah Tetap Berlanjut pada 2024

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memastikan program bantuan rehabilitasi rumah ibadah akan terus berjalan pada tahun 2024. Program ini merupakan salah satu bagian dari inisiatif Kukar Berkah, yang menjadi prioritas dari 23 program dedikasi Kukar Idaman.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kabupaten Kukar, Dendy Irwan Fahriza, memastikan kelangsungan program tersebut.

Ia mengungkapkan bantuan rehabilitasi rumah ibadah mencakup berbagai kegiatan, termasuk pembuatan akta yayasan rumah ibadah, rehabilitasi, dan bantuan operasional untuk Pondok Pesantren (Ponpes). Dana bantuan disalurkan dalam bentuk hibah uang, dengan nominal bervariatif mulai dari Rp 100 juta hingga Rp 1 miliar, sesuai dengan kebutuhan dan skala proyek.

Meskipun telah melebihi target yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar tahun 2021-2026,

“Tahun ini, sekitar 68 rumah ibadah telah terakomodir dalam program, melebihi target sebelumnya yang hanya 50 rumah ibadah,” ujar Dendy pada Jumat, 14 Maret 2024.

Pemerintah Kabupaten juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp 5 juta untuk memfasilitasi rumah ibadah dalam mendapatkan akta yayasan. Langkah ini diperlukan karena persyaratan hibah dari pemerintah mengharuskan rumah ibadah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM).

Dendy juga menegaskan bahwa bantuan rehabilitasi rumah ibadah tidak hanya terbatas pada masjid dan musala, melainkan juga disalurkan untuk Pura, Wihara, dan Gereja. Pada tahun 2023, Bidang Kesra Kukar bahkan telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 300 juta untuk mengurus 200 akta yayasan.

Program rehabilitasi rumah ibadah ini bukan hanya sebagai upaya memperbaiki infrastruktur, tetapi juga sebagai wujud komitmen pemerintah untuk mendukung kegiatan keagamaan dan memperkuat hubungan antara pemerintah dan masyarakat. (adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular