Senin, Mei 27, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Presiden Kunjungi Persemaian Mentawir, Siap Hijaukan IKN

KORANUSANTARA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pembangunan Persemaian Mentawir sudah hampir rampung. Persemaian itulah yang nanti menyuplai bibit tanaman untuk menghijaukan wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN).

Jokowi menyampaikan, dalam kunjungan terakhirnya ke persemaian, belum terlihat apa-apa. ’’Sekarang hampir 100 persen selesai. Tinggal rapikan saja,’’ katanya dalam kunjungan di Persemaian Mentawir, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kamis, 21 September 2023.

Dia menceritakan, Persemaian Mentawir mampu memproduksi 15 juta bibit per tahun. Setelah bibit-bibit yang diproduksi di persemaian itu siap tanam, tinggal menyiapkan manajemen penanaman di lapangan.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Jokowi menuturkan, pengaturan penanamannya nanti dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Otorita IKN. Selain untuk penghijauan, keberadaan tanaman dari bibit di persemaian Mentawir juga untuk mempercantik IKN yang dibangun dengan konsep tropical rain forest.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi berpesan agar bibit dari persemaian itu disiapkan dengan sebaik-baiknya. Jadi, ketika ditanam bisa tumbuh dengan baik. Mantan gubernur Jakarta itu menuturkan, sejak awal persemaian Mentawir dibangun sebagai bentuk respons pemerintah terhadap kelestarian lingkungan di area IKN. ’’Intinya, kita ingin memperbaiki lingkungan dan merehabilitasi hutan. Baik hutan alam, hutan yang rusak, tropical rain forest yang rusak, maupun hutan mangrove yang perlu direhabilitasi. Semua kita kerjakan,’’ jelasnya.

Persemaian itu juga dibangun untuk memperbaiki atau pemulihan lahan serta reklamasi pascatambang. Dia mengatakan, saat ini sudah ada peraturan  menteri energi dan sumber daya mineral yang mengatur bahwa setiap perusahaan tambang di tanah air harus memiliki persemaian atau nursery center. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular