Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Presiden Jokowi Minta AS Gunakan Pengaruhnya untuk Menekan Israel

KORANUSANTARA – Pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dimanfaatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghentikan serangan Israel ke Palestina.

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dalam pertemuan yang berlangsung di Gedung Putih, Washington DC, Senin, 13 November 2023, waktu setempat tersebut, Presiden Jokowi juga meminta AS menggunakan pengaruhnya kepada Israel untuk menghentikan kekejaman di Gaza. ”Gencatan senjata oleh Presiden (Jokowi) dinyatakan sangat penting untuk segera dilakukan,” ujarnya dalam press briefing, Selasa, 14 November 2023.

Termasuk soal bantuan kemanusiaan yang aman dan berkelanjutan untuk dapat segera disalurkan. ”Serta proses perdamaian menuju two state solution berdasar parameter internasional yang disepakati dapat segera dimulai kembali,” sambungnya.

Tak lupa, Jokowi juga menyampaikan hasil keputusan KTT Luar Biasa OKI yang baru saja diselenggarakan di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu, 11 November 2023. Dengan tegas, Jokowi menyampaikan bahwa posisi negara anggota OKI sangat solid dan keras agar Israel segera mengakhiri kekejaman di Gaza.

Selain bertemu Biden, Jokowi telah menerima audiensi dari CEO Freeport McMoran. Dalam kesempatan itu, McMoran menyampaikan perluasan investasi USD 3 miliar untuk pembangunan smelter di Gresik dan Papua. Menurut Retno, ini sejalan dengan prioritas Indonesia untuk mengakselerasi hilirisasi industri.

Di sisi lain, Jokowi rencananya menuju ke Washington DC untuk menyampaikan policy speech di Georgetown University yang dihadiri sekitar 700 peserta. Presiden akan berbicara mengenai pentingnya kemitraan Indonesia-AS dalam turut berkontribusi bagi penciptaan stabilitas dan kemakmuran dunia. ”Presiden mengapresiasi rencana Georgetown University untuk membuka kampus cabang di Indonesia tahun depan,” katanya. (*) 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular