Sabtu, Mei 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Prabowo Pastikan Solusi Miliknya Soal Stunting sama dengan Ganjar

JAKARTA – Calon presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto memastikan solusi dia dan capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo terkait penanganan tengkes (stunting) sama, yaitu memastikan asupan gizi ibu-ibu hamil terpenuhi sehingga itu dapat menjadi upaya preventif bagi anak-anak.

Prabowo pada segmen keempat debat kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Minggu (4/2/2024), mendapatkan kesempatan pertama untuk bertanya kepada capres lainnya.

“Pak Ganjar, kita mengetahui masalah penting yang dihadapi bangsa kita, banyak anak kita yang kurang gizi, stunting. Apa Bapak setuju dengan gagasan saya untuk memberi makan bergizi untuk seluruh anak-anak Indonesia untuk mengatasi masalah stunting dan menghilangkan kemiskinan ekstrem dan mengurangi angka kematian ibu-ibu?” tanya Prabowo ke Ganjar.

Ganjar kemudian menjawab strateginya dalam mengatasi stunting ialah memastikan gizi ibu-ibu hamil. “Ibunya yang dikasih gizi, kalau gizi baik, cek rutin, akan ketahuan bahwa dia ibunya sehat, pertumbuhannya dilihat,” kata Ganjar menjawab Prabowo.
Prabowo kemudian menyampaikan kepada Ganjar mereka berdua punya strategi yang sama soal pencegahan stunting.

“Sebetulnya yang saya sampaikan persis itu. Program saya, kita beri makan ibu yang sedang hamil, kita beri bantuan gizi ibu yang sedang hamil, karena dia mengandung sembilan bulan, tetapi memang stunting itu karena kurang gizi, Pak Ganjar, karena ibu dan dia (anaknya, red.) kurang gizi, dia stunting. Itu terjadi di seluruh bagian Indonesia, anak-anak 10 tahun, tetapi badannya seperti anak umur empat tahun. Kita harus intervensi, harus beri bantuan makan, dan juga ini mengurangi kemiskinan, karena banyak sekali rakyat kita yang penghasilannya hanya Rp1 juta sebulan, jadi, kalau tidak dibantu makan anak-anaknya sangat berat hidupnya,” kata Prabowo.

Ganjar, yang mendapat kesempatan berbicara, kemudian menanyakan lagi pertanyaan Prabowo kepada dirinya, karena yang ditanyakan kepada dia bukan memberi makan kepada ibu-ibu hamil, tetapi memberi makanan bergizi untuk anak-anak Indonesia.

“Tidak, bapak setuju atau tidak?” sanggah Prabowo ke Ganjar.

Ganjar kemudian melanjutkan penanganan stunting, terutama pencegahannya yang tidak hanya terbatas pada memenuhi asupan gizi ibu-ibu hamil, tetapi dapat lebih jauh sampai para perempuan menjadi seorang ibu, yaitu saat mereka memutuskan untuk menikah.

Capres nomor urut 03 itu berkeyakinan stunting dapat dicegah manakala angka pernikahan dini dapat ditekan.

Debat kelima yang diikuti tiga capres malam ini menjadi rangkaian penutup acara debat yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU RI). Lima sesi debat yang diikuti secara bergantian oleh capres dan cawapres merupakan forum resmi yang digelar oleh KPU untuk tiga pasangan calon berkampanye dan adu gagasan. Debat-debat sebelumnya berlangsung pada 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, dan 21 Januari 2024.

Debat terakhir, yang menjadi penghujung rangkaian debat Pilpres 2024 mengangkat tema-tema seperti pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

KPU RI menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 01, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 02, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 03. (Ant/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular