Senin, Februari 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PNS Kota Bontang Mengikuti Penilaian Potensi dan Kompetensi

BONTANG – Pemkot Bontang, bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kantor Regional VIII BKN, telah berhasil menyelenggarakan Tes Penilaian Potensi dan Kompetensi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam rangka peningkatan dan penguatan implementasi manajemen talenta Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah penting menuju Sistem Merit yang akan diterapkan dalam pemerintahan Kota Bontang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bontang, Sudi Priyanto, menjelaskan bahwa tes ini bertujuan untuk memetakan potensi dan kompetensi setiap PNS sebagai dasar pengembangan kompetensi dan pengembangan karier PNS.

“Dengan memahami potensi dan kekurangan kompetensi masing-masing PNS, BKPSDM dapat merencanakan pelatihan yang sesuai untuk mengisi kekosongan tersebut. Selain itu, pengembangan karier PNS juga menjadi fokus, dengan menerapkan manajemen talenta sebagai landasan Sistem Merit di lingkungan Pemerintah Kota Bontang,” bebernya.

Tes Penilaian Potensi dan Kompetensi ini dilaksanakan secara daring melalui Computer Assisted Competency Test (CACT) dan mencakup berbagai kompetensi, termasuk manajerial, sosial kultural, literasi digital, dan emerging skills.

Selama sepekan, peserta menghadapi sekitar 450 soal pilihan ganda dalam sesi tes yang berlangsung selama kurang lebih 4 jam setiap sesinya.

Wakil Walikota Bontang, Hj. Najirah, SE, yang membuka acara ini dengan menekankan pentingnya pemahaman terhadap potensi dan kompetensi pribadi dalam pekerjaan yang dijalani oleh setiap individu PNS.

Ia juga menekankan perbedaan antara potensi dan kompetensi, di mana potensi bisa belum teroptimalkan atau diketahui, sementara kompetensi berkaitan dengan pengalaman kerja, pendidikan, dan pelatihan yang telah diikuti. “Saya berharap bahwa melalui kegiatan ini, setiap PNS dapat mengembangkan kompetensinya untuk mendukung kinerja sehari-hari dan meningkatkan nilai tambah dalam pekerjaan,” tuturnya.

Dikatakannya, kegiatan ini juga sejalan dengan visi dan misi Kota Bontang 2021-2024, yang menekankan pentingnya meningkatkan kualitas sumber daya manusia aparatur. Meningkatnya kompetensi dan potensi PNS diharapkan dapat mendorong terwujudnya Kota Bontang yang lebih maju dan berdaya saing.

Dalam penutupan acara, Kepala BKPSDM Sudi Priyanto menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, termasuk Pusat Penilaian Kompetensi ASN Badan Kepegawaian Negara, Kantor Regional VIII BKN, para asesor SDM, panitia penyelenggara, dan seluruh peserta yang hadir. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan potensi dan kompetensi PNS Kota Bontang menuju Sistem Merit yang lebih baik. (rls)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular