Selasa, Juli 23, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pj Bupati PPU Minta Warga Tak Ganggu Proses Pembangunan IKN

PENAJAM – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur, Makmur Marbun meminta warga tidak mengganggu pembangunan Ibu Kota Nusantara, dan setiap permasalahan sebaiknya diselesaikan melalui musyawarah dan mufakat.

Pemerintah Kabupaten, jelas Pj Bupati di PPU, Rabu (6/3/2024), sudah meminta penangguhan terhadap sembilan tersangka pengancaman terhadap pekerja pembangunan Bandar Udara (Bandara) Naratetama.

Pengancaman yang dilakukan tersangka bertujuan untuk menghentikan pengerjaan proyek bandara yang menjadi prasarana penunjang transportasi Ibu Kota Nusantara.

Penjamin penangguhan tahanan sembilan tersangka yang ditahan di Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim) adalah Pj Bupati Penajam Paser Utara, Makmur Marbun.

Pj Bupati Makmur Marbun melakukan permohonan penangguhan sembilan tersangka itu melalui surat tertulis kepada Polda Kaltim.

“Dengan alasan kemanusiaan karena mau masuk Ramadan, jadi kami usulkan untuk penangguhan penahanan kepada tersangka,” ujarnya.

“Jika ada persoalan agar disampaikan sesuai peraturan dan ketentuan. Diminta warga tidak membuat persoalan yang dapat mengganggu pembangunan dan pengembangan Ibu Kota Nusantara,” katanya.

Jaminan merupakan salah satu syarat disetujuinya penangguhan penahanan.

Menurut Kabid Humas Polda Kombes Pol Artanto, jaminan dari Pj Bupati sudah cukup kuat dan sudah dipelajari penyidik sebelum sembilan tersangka dikembalikan kepada keluarganya.

Kendati sembilan tersangka mendapatkan penangguhan penahanan, proses hukum tetap berlanjut serta wajib lapor kepada penyidik, dan diharapkan tersangka dapat berkelakuan baik selama menjalani tahanan luar, demikian Artanto.

Sembilan tersangka yang merupakan Kelompok Tani Saloloang Kelurahan Pantai Lango Kecamatan Penajam mengancam pekerja untuk menghentikan pekerjaan pembangunan Bandara Naratetama sisi udara zona 2 dengan membawa senjata tajam jenis mandau, sehingga para pekerja memutuskan untuk berhenti melakukan pekerjaannya. (Ant/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular