Sabtu, April 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pesawat Angkut Militer Rusia Jatuh setelah Lepas Landas di Ivanovo

MOSKOW – Pesawat angkut militer Il-76 Rusia terjatuh setelah lepas landas di wilayah Ivanovo, sekira 300km di timur Moskow, demikian lapor Kementerian Pertahanan Rusia, Selasa (12/3/2024).

“Pada 12 Maret, 2024, sebuah pesawat angkut militer Il-76 jatuhdi wilayah Ivanovo sekitar pukul 13:00 waktu Moskow (17:00 WIB) saat lepas landas untuk penerbangan terjadwal. Terdapat delapan awak dan tujuh penumpang di dalamnya,” kata kementerian tersebut dalam pernyataan resmi dikutip Sputnik.

Pesawat itu jatuh ketika salah satu mesinnya terbakar saat lepas landas, kata kementerian tersebut, seraya menambahkan bahwa komisi pasukan kedirgantaraan Rusia sedang dalam perjalanan ke lapangan terbang Ivanovo untuk mencari tahu penyebab kecelakaan tersebut.

Gubernur Wilayah Ivanovo Stanislav Voskresensky telah tiba di lokasi jatuhnya pesawat, kata pemerintah setempat.

“Wilayah pemukiman tidak mengalami kerusakan akibat kejadian tersebut. Markas operasional sudah diatur di lokasi, semua layanan berfungsi,” kata pemerintah setempat melalui Telegram.

Api di lokasi kecelakaan telah padam, tulis Voskresensky.

Gubernur wilayah tersebut menyampaikan belasungkawa kepada keluarga pilot-pilot pesawat tersebut yang meninggal dan memerintahkan layanan khusus untuk menyediakan bantuan yang diperlukan.

Operasi pencarian dan penyelamatan di lokasi jatuhnya pesawat telah selesai.

Pesawat angkut berat Ilyushin Il-76 merupakan pesawat serbaguna yang didesain Rusia untuk mengangkut pasukan, kargo, dan peralatan.

Pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1970-an, Il-76 telah menjadi andalan Angkatan Udara Rusia dan juga digunakan oleh sejumlah negara lain di dunia. (Ant/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular