Senin, Februari 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pertamina Bakal Luncurkan 2 Kapal Tanker Gas Raksasa

JAKARTA – PT Pertamina Indonesia Shipping (PIS) siap meluncurkan 2 kapal tanker gas raksasa pada Selasa (9/1/2024), hari ini. Peluncuran akan disiarkan secara langsung (live streaming) dari Korea Selatan.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengatakan tanker atau kapal gas yang akan diluncurkan besok akan menjadi yang terbesar yang dimiliki oleh Pertamina International Shipping.

“Kurang 1 hari lagi menuju peluncuran kapal gas terbesar milik Pertamina International Shipping, kita tunggu ya,” ungkapnya seperti dikutip dari akun Instagram @pertaminainternationalshipping, Senin (8/1/2024).

Adapun dua kapal gas yang akan diluncurkan tersebut adalah kapal Very Large Gas Carrier (VLGC) Pertamina Gas Tulip dan VLGC Pertamina Gas Bergenia. Keduanya siap menjadi kebanggaan Indonesia untuk memasok ketahanan energi nasional.

Delivery ceremony dua tanker raksasa ramah lingkungan tersebut akan berlangsung di akun Instagram Pertamina International Shipping, Selasa 9 Januari 2024.

Sebelumnya, Pertamina International Shipping menyambut tahun 2024 dengan semangat memperkuat armada tanker untuk mendukung ketahanan energi nasional, sekaligus ekspansi lebih masif di pasar global.

“PIS akan menambah armada tankernya di tahun ini baik dengan membeli maupun investasi pembangunan kapal baru, terutama untuk kapal-kapal tanker size besar dan ramah lingkungan,” ujar CEO PIS, Yoki Firnandi, Jumat (5/1/2024) lalu.

Yoki memaparkan PIS memiliki target untuk mencapai revenue USD 6 miliar di tahun 2030. Untuk itu, kata Yoki, perusahaan tidak bisa menjalankan business as usual. “We have to go big and bold. Think big and bold. Do big and bold.”

Hingga Desember 2023, PIS tercatat memiliki 95 kapal milik dan mengoperasikan sebanyak 315 kapal tanker. Ini sekaligus menjadikan PIS sebagai perusahaan dengan pengelolaan pengoperasian kapal terbesar di Asia Tenggara.

Armada tanker kebanggaan PIS yang diawaki oleh para perwira bertalenta, juga menorehkan sejumlah prestasi dengan sukses berlayar di rute-rute internasional. Sepanjang 2023, PIS telah berlayar di 50 rute internasional yang terdapat di 5 benua dunia. (Kum/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular