Sabtu, Juni 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Perjuangkan Hak Royalti Musisi, Ahmad Dhani Deklarasikan AKSI

JAKARTA – Ahmad Dhani membuat Asosiasi Komposer Seluruh Indonesia (AKSI) yang resmi dideklarasikan pada Senin, 3 Juli 2023. AKSI merupakan wadah bagi para komposer dan pencipta lagu untuk memperjuangkan hak mereka. Baik itu hak eksklusif ataupun hak moral dan hak ekonomi.

Hal yang mendasari dibentuknya AKSI ini dikarenakan kepedulian Dhani terhadap rekan seprofesinya yang menuntut keadilan terkait royalti. ’’Upayanya memang untuk memperbaiki nasib dan meningkatkan kemakmuran komposer maupun produser di seluruh Indonesia,’’ kata Dhani selaku ketua dewan pembina AKSI saat konferensi pers di Kwitang, Jakarta Pusat.

Dia menunjuk Satriyo Yudi Wahono alias Piyu Padi sebagai ketua umum. Bukan cuma itu, untuk melancarkan niat baiknya, Dhani juga menggandeng musisi lain seperti Doadibadai Hollo dan Rieka Roeslan. Kritis terhadap masalah royalti, Dhani meyakini bahwa dirinya telah menuntaskan kewajibannya itu untuk lagu Bohemian Rhapsody.

Belum lama ini, Dewa 19 resmi merilis ulang lagu milik Queen tersebut. Musisi kelahiran Surabaya itu menceritakan bahwa pihaknya sudah mengurus perizinan ke lembaga kolektif terkait. Bahkan, Dhani rela merogoh kocek dalam demi bisa membawakan Bohemian Rhapsody secara legal.

Tak tanggung-tanggung, nilainya mencapai angka puluhan juta rupiah hanya untuk satu lagu tersebut. ’’Bohemian Rhapsody itu bayar royaltinya di depan Rp 40 juta,’’ ungkap suami Mulan Jameela itu. Begitu juga dengan lagu Rosanna milik Toto yang juga diaransemen ulang dan baru dirilisnya belum lama ini.

’’Kalau Rosanna, bayar royalti juga di depan Rp 20 juta. Mereka (Queen dan Toto) punya perwakilan masing-masing dari sini,’’ jelas Dhani. Dua lagu tersebut digunakan Dhani dalam proyek kolaborasinya bersama vokalis grup band Sons of Apollo, yakni Jeff Scot Soto.

Dan, rencananya lagu tersebut dibawakan Dewa 19 di tur konser bertajuk Dewa 19 featuring All Stars Stadium Tour 2023. Dia menjelaskan, tanggung jawabnya terkait masalah royalti lagu Bohemian Rhapsody dan Rosanna tidak berhenti di situ.

Ke depannya, pelantun lagi Mistikus Cinta tersebut masih harus membayar royalti lagi kepada Queen dan Toto jika mendapat keuntungan lebih dari biaya yang dikeluarkan di awal. Sebab, Dhani mengunggah Bohemian Rhapsody dan Rosanna versi Dewa 19 feat Jeff Scott Soto di platform musik digital.

Yang mana sejumlah keuntungan dari itu merupakan hak Queen dan Toto. ’’Jadi, selama lagu itu dijual di platform digital atau di mana pun, kami wajib bayar royalti setelah terlampaui dari Rp 40 juta untuk Bohemian Rhapsody dan Rp 20 juta untuk Rosanna,’’ katanya. (kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular