Senin, April 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Penyediaan Air Menjadi Fokus Utama, Pemprov Kaltim dan Pemkab Kukar Upaya Mendukung Para Petani di Tenggarong Seberang

TENGGARONG – Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar Sunggono menyoroti kebutuhan air, yang diminta oleh Kelompok tani (poktan) di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, sebagai aspek krusial dalam panen raya di desa tersebut, hadir pada panen raya itu pula Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Kasrem 091/ASN Kolonel Priyanto Eko Widodo, dan Dandim 0906/Kukar Letkol (Czi) Damai Adi Setiawan, mereka mendengarkan aspirasi tersebut harapan untuk menjadi prioritas dalam pemenuhan ketersediaan air.

“Sumber air dan saluran sudah ada, hanya perlu normalisasi dan perbaikan beberapa pintu air,” ungkap Sunggono.

Sementara itu, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik memberikan apresiasi kepada kelompok tani Desa Buana Jaya atas panen raya padi. Bagi Akmal, keberhasilan ini harus menjadi dorongan bagi masyarakat untuk tetap bersemangat dalam bertani.

“Pemprov Kaltim siap mendukung. Yang menjadi dibutuhkan kelompok tani soal air,” ujar Akmal Malik dihadapan para petani.

Akmal menegaskan bahwa tempat yang indah tersebut tidak boleh ditanami sawit, dan Pemerintah Daerah berkomitmen untuk mendukung pengaliran air ke lahan sawah petani

“Harapan ke depannya, terutama bagi generasi milenial, adalah agar semangat bertani tetap tinggi, dan mau hadir sebagai petani milenial yang sukses,” jelasnya.

Karena itu, Pemprov Kaltim bersyukur kepada jajaran TNI terutama Kasad yang telah mendukung kebutuhan air bagi area persawahan.

Pemprov Kaltim ujar Akmal, berjanji, sekitar September atau Oktober direncanakan siap membantu pengadaan alat kebutuhan penyuplai air di persawahan.

“Minta tolong Kadis Pertanian kita akan kasih tiga titik alat untuk pendukung kebutuhan air persawahan di Desa Bhuana Jaya,” tegasnya.

Danrem 091 ASN Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo diwakili Kasrem 091 ASN Kolonel Inf Priyanto Eko Widodo mengungkapkan, panen padi saat ini diikuti tiga kelompok tani, terdiri Bina Usaha, Sri Lemah Sejati dan Pelita Jaya. Jenis padi Mikongga dan Impari 32 dengan luas lahan 157 ha.

“Hasil panen mencapai tiga hingga empat ton per hektar. Usia tanam 90 hari sejak 2 Desember 2023,”pungkasnya

Diketahui, Hadir pada acara panen raya ini dari Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim Siti Farisyah Yana, Sekda Kabupaten Kukar H Sunggono, Perwakilan Kajati Kaltim, Dandim 0906 Kukar, Forkopimda Kukar, Manajemen PT Pama, Manajemen PT JMB, PT Khotai Timur. (adv)

Pewarta: Hanafi
Editor:

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular