Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Penyandang Disabilitas Ikut Ramaikan Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kukar

TENGGARONG – Kepedulian terhadap penyandang disabilitas, terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar). Dilibatkan dalam berbagai kegiatan, sebagai bentuk memberikan kesamaan hak kepada mereka yang dianggap spesial ini.

Bahkan tampak para penyandang disabilitas mengikuti kegiatan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, di Halaman Kantor Bupati Kukar. Sebelumnya, disiapkan lokasi khusus untuk ikut menonton bersama KukarLand Festival 2023, pada medio September 2023 lalu.

“Artinya mereka juga ikut berjuang untuk Kukar, untuk keluarga kecilnya dan ini yang coba kita dorong dari Dinsos Kukar. Untuk merapikan data dan betul-betul mendata sesuai dengan kompetensinya,” jelas Wakil Bupati (Wabup) Kukar, Rendi Solihin, Sabtu (28/10/2023).

Langkah konkret lainnya, dikatakan Rendi Solihin, menginstruksikan Dinas Sosial (Dinsos) Kukar untuk menginventarisir dan mendata teman-teman penyandang disabilitas yang memilikinya bakat. Seperti halnya atlet, hingga yang terjun di dunia usaha.

Karena memang diketahuinya, ada atlet-atlet potensial yang dimiliki oleh Kukar, bahkan hingga berlaga di tingkat nasional. Untuk yang memang memiliki jiwa wirausaha pun akan didukung penuh oleh Pemkab Kukar. Artinya nanti akan melibatkan lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memfasilitasi mereka. “Sudah ada beberapa di kecamatan yang memang sudah memiliki prestasi,” tutup Rendi. (ADV/RM)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular