Selasa, Juli 23, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pengerjaan Jalan Trans Kahala-Tabang, Pemkab Kukar Kucurkan Rp 49 Miliar

TENGGARONG – Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) akan mengerjakan jalan trans Desa Kahala menuju Kecamatan Tabang. Jalan sepanjang 7,6 kilometer akan dilakukan penyemenan dengan anggaran Rp 49 miliar yang bersumber dari APBD Kukar 2023.

Pengerjaan dibagi dua titik. Yakni, 5,6 kilometer di ruas Desa Kahala dengan nilai anggaran Rp 32 miliar serta 2 kilometer di ruas Desa Sebelimbingan, senilai Rp 17 miliar.

Ini melanjutkan perbaikan jalan poros Desa Kahala yang dikerjakan terlebih dahulu pada 2022, dengan nilai anggaran Rp 35,3 miliar. Terbagi dalam pengaspalan sepanjang 6 kilometer senilai Rp 32,5 miliar dan Rp 2,3 miliar sisanya untuk penurapan sisi-sisi jalan sepanjang 200 meter.

“Pada tahun ini dilakukan di dua titik berbeda,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PU Kukar Restu Irawan.

Restu memastikan, peningkatan infrastruktur jalan akan terus dilakukan di daerah hulu. Bahkan, ia menyebut peningkatan infrastruktur jalan bakal dilanjutkan kembali pada tahun selanjutnya. Di mana menyasar jalan trans Kecamatan Kenohan menuju Kembang Janggut, karena masih menyisakan jalan sepanjang 8 kilometer untuk diperbaiki dan dilakukan penyemenan.

Konektivitas antarwilayah, memang menjadi salah satu pekerjaan rumah Pemkab Kukar dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026.

Jalan trans yang menghubungkan tiga kecamatan, Kecamatan Kenohan-Kembang Janggut-Tabang ini merupakan jalan sentral. Dikarenakan menjadi jalur transportasi utama. Untuk diketahui, selama ini ruas jalan tersebut kerap rusak karena dilanda banjir. Sehingga peningkatan infrastruktur jalan ini sangatlah didambakan masyarakat. (KN/ADV)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular