Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Penanganan Sampah di Sungai Segah dan Kelay, Rudi Mangunsong Beri Solusi

TANJUNG REDEB – Anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi Mangunsong menyoroti masalah sampah yang menumpuk di bantaran Sungai Kelay dan Sungai Segah, Kabupaten Berau. Selain mengganggu pemandangan, tentunya juga menimbulkan bau yang tidak sedap bagi warga sekitar.

Menurutnya, penanganan sampah yang menumpuk di tepi sungai hingga saat ini belum optimal. Oleh karena itu, seringkali menjadi keluhan masyarakat.

Dia mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau harus menunjukkan kreativitas dalam mengatasi masalah sampah yang sering menumpuk di sungai. Meskipun sumber daya peralatan dan armada yang tersedia terbatas, Pemkab harus bisa bekerja sama dengan pihak ketiga untuk ikut membantu.

“Sumberdaya yang tersedia harus dimaksimalkan dengan melibatkan partisipasi masyarakat dan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Berau untuk menjaga kebersihan di bantaran sungai,” ungkapnya.

“Ketika ada tumpukan sampah yang cukup besar, kita hanya perlu mengajak masyarakat untuk bergotong royong membersihkannya. Ini adalah bumi kita bersama, dan kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaganya,” tambahnya.

Rudi berharap agar masalah sampah di bantaran Sungai Segah dan Sungai Kelay dapat segera ditangani tanpa harus menunggu alokasi anggaran yang besar. Dia juga mendorong Pemkab untuk melibatkan lebih banyak pihak, termasuk masyarakat dan pihak ketiga, dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di sepanjang bantaran sungai.

“Kita dapat mengatasi masalah ini secara bertahap dengan melibatkan banyak pihak, dan tanpa perlu anggaran besar. Mari minta bantuan dari perusahaan-perusahaan, sediakan peralatan yang diperlukan,” tegasnya. (KS/ADV)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular