Minggu, Juni 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab PPU Berhasil Raih Opini WTP dari BPK Kaltim

PPU – Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun ini. Prestasi ini didapat berdasarkan pada pemeriksaan atas Laporan Kerja Perangkat Daerah (LKPD) tahun anggaran (TA) 2023.

Prestasi ini juga merupakan bukti komitmen dari Pemkab PPU dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas keuangan publik. Penghargaan bergengsi ini diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Kaltim Agus Priyono kepada Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kaltim pada Rabu (3/5/2024).

Dan diterima langsung oleh bupati dan wali kota se-Kaltim berlangsung di Ruang Auditorium Nusantara, Kantor BPK Kaltim. Jum’at (3/5/2024). Termasuk Pj Bupati PPU, Makmur Marbun.

Usai kegiatan, ia menyampaikan rasa syukur atas usaha dan kerja keras bersama seluruh jajaran menjadi bukti Kabupaten PPU berhasil meraih opini WTP. Serta mampu bangkit dari keadaan sebelumnya serta sejajar dengan Kabupaten/Kota di Kaltim.

“Hari ini Kabupaten PPU berhasil meraih predikat WTP, tentunya ini suatu capaian yang tidak mudah, namun atas kerja keras kita untuk membenahi segala kekurangan. Kita mampu bangkit, berhasil mensejajarakan Kabupaten PPU tidak kalah dengan Kabupaten Kota lainnya di Kaltim,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan proses pelaporan Kabupaten PPU memang menjadi salah satu konsen kinerjanya. Karena inilah tolak ukur kinerja pemerintah daerah yang menentukan proses pelaksanaan pemerintah berjalan baik atau tidak.

“Keberhasilan ini tentunya dari usaha dan kerja keras bersama seluruh pihak di jajaran pemerintah daerah. Selaku Penjabat (Pj) Bupati memang saya sedikit menekankan seluruh jajaran untuk bekerja dengan keras, disiplin, melakukan segala dengan sebaik mungkin karena ini salah satu kinerja pemerintah daerah yang dinilai langsung oleh BPK,” beber Makmur.

Lebih lanjut, ia meminta kepada seluruh jajaran OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten PPU untuk terus mempertahankan keberhasilan saat ini. Serta tidak saja pada keberhasilan dalam pelaporan daerah tetapi juga dalam kinerja seluruh perangkat daerah untuk betul-betul melaksanakan tugas dan kewajiban dengan sebaik mungkin sebagai pelayan masyarakat yang transparan dan good goverment

“Sekali lagi ini bukti kita telah bekerja dengan bersungguh-sungguh dan menjadi kado terindah bagi masyarakat Kabupaten PPU dengan membuktikan bahwa kita mampu dan tidak kalah dengan Kabupaten/Kota lainnya di Kaltim. Man Jadda Wajada, siapa yg bersungguh-sungguh, pasti akan berhasil,” terang Makmur.

Sementara itu, Kepala BPK Kaltim Agus Priyono dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada kinerja seluruh kepala daerah di Kaltim dalam pelaporan hasil pemeriksaan yang dilakukan sebagai kewajiban pemerintah daerah baik Kabupaten maupun Kota. Ia menjelaskan pemberian predikat ini tidak hanya berpedoman pada hasil yang telah diraih dalam opini WTP, tetapi juga harus ditingkatkan dalam kinerja seluruh kepala daerah dan jajaran dalam menjalankan tugas dan pelayanan sebagai pemerintah daerah kepada masyarakat

“Selamat kepada seluruh kepala daerah atas pelaporan hasil pemeriksaan, tak terkecuali kepada Pemerintah Kabupaten PPU yang hari ini betul-betul melakukan perubahan yang derastis dan kembali meraih predikat WTP,” tutup Agus. (ADV/ProkopimPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular