Senin, Juni 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Kutai Kartanegara Siapkan Insentif untuk Kader Posyandu

KUTAI KARTANEGARA – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejaheraan Keluarga (TP-PKK) sekaligus pembina Majelis Taklim Ahlus Sunnah Wal Jama’ah (Aswaja) Kutai Kartanegara (Kukar) Maslianawati Edi Damansyah melakukan kunjungan kerja ke Desa Sebuntal Kecamatan Marangkayu, Selasa (4/4/2023) lalu.

Kunjungannya bersama jajaran TP-PKK dan Aswaja Kukar di kecamatan tersebut, dalam rangka membuka kegiatan penilaian Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) tingkat Kabupaten dan pengajian rutin Majelis Taklim Aswaja dengan tema Membentuk Kepribadian Muslim dalam Membangun Peradaban.

Dalam kesempatan itu, Maslianawati mengungkapkan bahwa kehadirannya bersama tim juri Kabupaten untuk memberikan penilaian terhadap Posyandu Lestari A Desa Sebuntal. Sebagai persiapan lomba tingkat Kabupaten dan hasilnya nanti akan diikutkan di tingkat Provinsi pada kegiatan HKG TP-PKK.

Menurutnya, ini setiap tahun dilaksanakan walaupun Kukar memiliki Posyandu kurang satu 800 posyandu (799), tetapi masih banyak yang perlu dibenahi dan ditingkatkan atau masih banyak yang belum mendekati sempurna.

“Jadi ini pekerjaan rumah (PR) bagi seluruh Posyandu di Kukar, bukan hanya pelayanan saja yang bagus tetapi juga harus mementingkan tertib Administrasinnya,” ujarnya.

Selanjutnya, Maslianawati mengatakan sebagai kader Posyandu hendaknya juga bisa menimbang dan memberikan makan tambahan kepada anak-anak, untuk membantu tugas dari Kesehatan, Puskesmas, dan Pusban di kecamatan masing-masing.

Maslianawati, juga menambahkan TP-PKK kabupaten melalui Bidang Kelembagaan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar,

melalui anggaran DPMD Kukar menyiapkan untuk para kader Posyandu di Kukar setiap bulannya akan menerima Insentif Rp 250 ribu.

“Alhamdulillah, ibu-ibu ini sangat patut kita syukuri mudah-mudahan dengan insentif ini pelayanan Posyandu di masing-masing kecamatan yang dilakukan setiap bulan bisa lebih ditingkatkan lagi,” harapnya.

Selanjutnya, Maslianawati dan rombongan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Desa Kersik Kecamatan Marangkayu. Untuk melakukan pengajian sekaligus memberikan bantuan paket Sembako bagi keluarga pra sejahterah dan pengeras suara (warles) untuk majelis taklim Aswaja Marangkayu, di Masjid At Takwa Desa Kersik.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Baznas Kukar M. Shafik, Sektetaris Aswaja Kukar H. Suprianto, Sekcam Marangkayu Rahmatang, mantan ibu Camat Marangkayu Lili Herlina, Kades Sebuntal Herman, Kades Kersik Jumadi, dan para tokoh agama/masyarakat. (kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular