Selasa, Juni 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Kukar Tekan Angka Kemiskinan Lewat Program Kesejahteraan Sosial Idaman

KUTAI KARTANEGARA – Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) untuk menuntaskan kemiskinan, salah satunya yakni dengan program Kesejahteraan Sosial Idaman yang merupakan program dedikasi dari misi ke dua KUKAR IDAMAN (Inovatif, Berdayasaing dan Mandiri).

Bupati Edi Damansyan baru-baru ini menyebutkan bahwa program tersebut ditujukan untuk menempatkan penanganan masalah kesejahteraan sosial agar menjadi hal utama, dalam penetapan kebijakan pembangunan Daerah.

Kebijakan yang dilakukan yakni dengan mengklasifikasikan penanganan melalui RUMAH BESAR Pengentasan Kemiskinan, dengan dua pilar utama yakni pertama, bantuan langsung kepada masyarakat miskin termasuk jompo, anak- anak dan disabilitas. Kedua, program pemberdayaan berdasarkan potensi yang dimiliki.

Pada 2022 lalu, tindakan nyata yang telah dilakukan Pemkab Kukar yakni di antaranya, menyalurkan bantuan sosial sebanyak 7.170 paket, Bantuan Sanitasi 904 unit, Bedah Rumah sebanyak 1.362 unit, serta berbagai tindakan pengurangan kemiskinan lainnya.

“Apa yang kami lakukan ini untuk menyelesaikan indikator dari kemiskinan itu, diantaranya rumah dan sanitasi yang kurang layak,” ujarnya.

Upaya yang dilakukan Pemkab Kukar melalui KUKAR IDAMAN ini mampu menurunkan tingkat kemiskinan dari 7,99% pada 2021, menjadi 7,96% pada 2022.

Tahun 2023 ini, Pemkab Kukar terus meningkatkan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, dengan melibatkan pilar-pilar utama yakni Pemerintah, Dunia Usaha/Perusahaan dan masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kesejaheraan sosial. (kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular