Minggu, Juli 14, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Kukar Kukuhkan Atlet dan Pelatih PPLPD 2024

TENGGARONG – Pada Selasa (2/7) siang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) mengukuhkan atlet dan pelatih Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) Kukar 2024.

Pengukuhan ini dilaksanakan di Ruang Aula Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kukar oleh Staf Ahli Bupati bidang Administrasi dan Umum, H Heldiansyah.

Acara ini ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh Staf Ahli Bupati, Kadispora Kukar Aji Ali Husni AB, dan Ketua Pengelola PPLPD Kukar, Aji Muhammad Ari Junaidi.

Dalam laporannya, Aji Ali Husni menjelaskan bahwa kegiatan pengukuhan ini merupakan rutinitas utama Dispora Kabupaten Kukar.

Sebelum pengukuhan, Dispora melakukan proses seleksi ketat bekerja sama dengan pengurus cabang olahraga (cabor) untuk menjaga kualitas atlet dan pelatih yang tergabung dalam PPLPD.

“Tahun ini kami telah menyeleksi 248 atlet dan pelatih, dan dari hasil seleksi tersebut terpilih 47 atlet dan 14 pelatih dari 13 cabor yang dilaksanakan,” ujarnya.

Aji Ali Husni juga menambahkan bahwa Dispora Kukar menjalankan program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang memprioritaskan 13 cabor ini.

Sekda Kukar, Dr. H. Sunggono Kasnu, melalui Heldiansyah menyatakan bahwa PPLPD merupakan program unggulan Kemenpora untuk pembinaan atlet pelajar di daerah. Atlet yang lulus seleksi di masing-masing cabor diharapkan menjadi bibit emas yang memerlukan pembinaan berkelanjutan.

“Kompetisi adalah upaya untuk meningkatkan prestasi sekaligus sebagai barometer dari program kerja organisasi induk cabor. Selain kompetisi, pembinaan yang terarah dan pemusatan latihan yang berkesinambungan sangat diperlukan untuk melahirkan generasi muda yang unggul, berkarakter pejuang, disiplin, dan semangat berkembang,” tegasnya.

Sebagai informasi, 13 cabor yang termasuk dalam PPLPD Kukar 2024 dan jumlah atletnya adalah: Pencak silat (5 orang), Tinju (3 orang), Taekwondo (5 orang), Senam (3 orang), Panjat Tebing (2 orang), Panahan (4 orang), Atletik (2 orang), Dayung (2 orang), Sepeda (3 orang), Judo (5 orang), Karate (5 orang), Angkat Besi (2 orang), dan Renang (6 orang). (adv)

Penulis: Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular