Kamis, Februari 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Kukar Gencar Salurkan Bantuan Nelayan: 127 Mesin Cas dan Perahu Fiber Diserahkan

TENGGARONG – Program bantuan kepada 25 ribu nelayan produktif adalah salah satu janji kampanye Edi Damansyah-Rendi Solihin. Pemkab Kukar pun gencar menyalurkan berbagai bantuan kepada nelayan.

Yang terbaru, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, menyerahkan 127 mesin cas dan 127 perahu fiber ke kelompok usaha bersama di Kecamatan Loa Kulu dan Kecamatan Loa Janan, Jumat (24/11/2023).

Bantuan tersebut disambut antusias oleh masyarakat setempat yang menggantungkan hidup dari hasil perikanan.

Arbain, misalnya, ia mengaku bersyukur akhirnya bantuan dapat diterima oleh kelompoknya. Pasalnya, sejak 2018, mereka telah mengajukan bantuan ke Pemkab Kukar, tetapi selalu mengalami kegagalan dan tidak pernah terealisasi.

“Kami telah mengajukannya sejak 2018, tetapi selalu gagal. Akhirnya, ada staf dari Pak Wakil Bupati yang membantu kami, dia yang membuat proposal, mendampingi kami ke Pemkab, hingga akhirnya bantuan dapat kami terima,” jelasnya.

Menurutnya, bantuan berupa mesin cas dan perahu fiber akan sangat bermanfaat bagi mereka yang mencari nafkah sehari-hari dari hasil perikanan. “Mesin ini memang standarnya. Sudah lengkap, tinggal digunakan saja,” tambahnya.

Ia pun berharap bahwa ke depannya akan ada bantuan lainnya, seperti alat tangkap dan kelengkapan lainnya. “Kami sangat berterima kasih atas bantuan ini dan berharap ada bantuan lainnya setelah ini,” ucap Arbain.

Sementara itu, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, menegaskan komitmennya bersama Edi Damansyah untuk memenuhi semua janji kampanyenya.

Ia menjelaskan bahwa terdapat 23 janji yang telah dijelaskan dalam RPJMD Pemkab Kukar. “Salah satu janji kami adalah program bantuan nelayan produktif 25 ribu se-Kukar,” ujar Rendi.

Program ini telah berjalan dan hingga tahun 2022, sekitar 15 ribu nelayan telah menerima bantuan. Pada tahun 2023, pihaknya telah berhasil menyalurkan bantuan kepada 10 ribu nelayan.

“Artinya, hingga akhir 2023 ini, kami telah berhasil memenuhi janji kami. Semua ini bisa terwujud berkat kerja sama banyak pihak,” tambahnya.

Rendi Solihin berharap bahwa bantuan yang telah diserahkan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para nelayan.

Selain itu, ia juga meminta agar bantuan yang telah diserahkan dijaga dan dirawat dengan baik.”Tolong rawat perahu, mesin, dan perlengkapan lainnya agar usia pemakaiannya dapat bertahan lama,” pungkasnya. (MK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular