Rabu, April 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Kukar Dorong Pengembangan SDM dan Sinergi Wilayah untuk Dukung IKN

TENGGARONG – Sunggono, Sekretaris Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten dalam mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN). Dalam upayanya, Pemkab Kukar fokus pada dua aspek krusial, yakni pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sinergi wilayah.

Sunggono menyoroti pentingnya pengembangan SDM sebagai landasan utama dalam mendukung visi IKN. Pemerintah setempat menitikberatkan pada perencanaan pembangunan pusat-pusat pelatihan tenaga kerja, yang dirancang sesuai dengan potensi lapangan kerja dan peluang berusaha. “Langkah ini kita harapkan akan membantu meningkatkan daya saing tenaga kerja lokal kita, dalam menghadapi era industri dan ekonomi yang semakin dinamis setelah pusat pemerintahan pindah IKN,” ujarnya.

Selain itu, Sunggono juga menekankan urgensi pengembangan wilayah sekitar IKN sebagai daerah mitra. Kukar menjadi salah satu wilayah yang diharapkan turut berkembang sebagai pendukung IKN. “Pembangunan di IKN harus diiringi oleh perkembangan wilayah penyangga dan sekitarnya, termasuk wilayah Kukar. Ini akan menciptakan sinergi positif dan dampak pembangunan yang merata,” ungkap Sunggono.

Dengan langkah-langkah konkret ini, Pemkab Kukar berharap dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mendukung IKN, baik melalui peningkatan kualitas SDM maupun pengembangan wilayah yang terencana. “Sinergi antara pengembangan SDM dan pembangunan wilayah diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang berdaya saing dan berkelanjutan, tidak hanya untuk Kukar tetapi juga untuk mendukung IKN secara menyeluruh,” tutupnya. (adv)

Pewarta: Hanafi
Editor:

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular