Selasa, Juni 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemerintah Upayakan Kerja Sama Penerbangan dari Sarawak ke IKN

SARAWAK – Daya tarik Ibu Kota Nusantara (IKN) terus disebarluaskan. Di tengah menggeliatnya pembangunan, fasilitas penunjang lain seperti akses menuju IKN juga terus dikembangkan. Salah satunya, membuka jalur penerbangan langsung menuju IKN.

Pemerintah melalui Konsul Jenderal Republik Indonesia di Kuching, Raden Sigit Witjaksono mengatakan, pihaknya tengah menjajaki peluang kerja sama penerbangan dari Sarawak, Malaysia menuju ke IKN di Kalimantan Timur.

“Sarawak menantikan hubungan konektivitas dengan IKN. Kami juga terus mendorong agar semakin banyak konektivitas menuju berbagai destinasi di Indonesia,” kaya Raden Sigit di Kuching, Malaysia pada Kamis, 15 Juni 2023.

Ia menyampaikan, kerja sama dan koordinasi dengan pemangku kepentingan terus dilakukan tidak hanya dengan maskapai penerbangan, tetapi juga bersama Kementerian Transportasi Sarawak, Kementerian Pariwisata, Industri Kreatif dan Seni Pertunjukan Sarawak, Dewan Pariwisata Sarawak, dan lainnya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada maskapai penerbangan AirAsia yang telah membuka rute baru penerbangan langsung dari Jakarta menuju Kuching PP. Ke depannya, Raden Sigit berharap agar maskapai tersebut juga membuka penerbangan menuju Balikpapan dan Pontianak.

Menurut dia, meningkatnya pergerakan orang dari Malaysia ke Indonesia akan berdampak pada peningkatan hubungan kedua negara dalam berbagai aspek seperti sosial, budaya, ekonomi bisnis, perdagangan, pariwisata, hingga investasi.

“Tahun lalu wisatawan Malaysia masuk ke Indonesia sebanyak 1,7 juta orang. Kalau ada penerbangan dari Sarawak ke Balikpapan maka akan lebih mendekat ke IKN,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Transportasi Sarawak YB Dato’ Sri Lee Kim Shin mengatakan bahwa konektivitas antara Indonesia dan Malaysia merupakan tanggung jawab semua pemangku kepentingan, termasuk industri.

Menurut dia, langkah awal AirAsia membuka penerbangan langsung Jakarta-Kuching akan meningkatkan jumlah pergerakan orang dan pertumbuhan ekonomi kedua negara.

“Koneksi ke Jakarta adalah sebuah cara untuk konektivitas yang lebih luas dari Sarawak ke bagian lain di Indonesia, terutama dengan berdirinya ibu kota administratif baru Nusantara di Kalimantan Timur,” katanya.

Sebagai informasi, Dinas Pariwisata Kaltim telah menyiapkan sejumlah destinasi wisata di Kota Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Kabupaten Berau, dan lainnya untuk menyambut IKN.  Sejumlah destinasi tersebut antara lain wisata bahari, wisata pantai, wisata budaya, wisata religius, wisata sungai, dan lainnya.(kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular