Senin, Juni 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemerintah Siapkan Rp 40,6 T, Jokowi: Insya Allah, Tahun Depan Upacara di IKN

KORANUSANTARA – Upacara Kemerdekaan Ke-78 Republik Indonesia, Kamis, 17 Agustus 2023 menjadi yang terakhir digelar di Istana Negara, Jakarta. Tahun depan, sesuai rencana Presiden Joko Widodo, upacara dilangsungkan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

“Insya Allah tahun depan, Insya Allah (upacara HUT RI) sudah di IKN. Kita lihat nanti,” kata Presiden saat menjadi inspektur upacara. Presiden mengenakan pakaian adat ageman songkok singkepan ageng. Baju ini berasal dari Kasunanan Surakarta.

Jokowi senang melihat parade baju adat saat upacara tersebut. Menurut dia, hal itu menunjukkan keberagaman Indonesia.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga menyambut rencana pelaksanaan Upacara HUT RI di IKN mulai tahun depan. “Insya Allah tahun depan kita sudah bisa melaksanakan Upacara HUT RI di ibu kota yang baru,” katanya sebelum upacara di Istana Merdeka.

Menurut Ma’ruf, upacara menjadi spesial bukan saja karena menjadi yang terakhir digelar di Jakarta. Tetapi juga upacara pertama setelah Indonesia keluar dari status pandemi Covid-19.

Ma’ruf juga menyampaikan optimismenya bahwa Indonesia akan terus bergerak mewujudkan visi menjadi negara maju. Dia juga berharap seluruh elemen bangsa bersama-sama menciptakan sejarah.

Optimisme pindahan ke IKN ditunjukkan pula dari sisi anggaran. Pemerintah mengalokasikan Rp 40,6 triliun untuk pembangunan IKN pada 2024. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menuturkan, nominal itu termasuk anggaran yang dialokasikan melalui Kementerian PUPR sebesar Rp 35,7 triliun. Sesuai rencana, dana sebesar itu akan dimanfaatkan untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur utama di IKN. Termasuk kantor pemerintahan dan perumahan, terutama untuk ASN tahap pertama.

Menkeu menegaskan bahwa pembiayaan pembangunan IKN akan berlanjut hingga 2045 dengan mengandalkan non-APBN. ‘’Jadi, prioritas untuk 2024 dalam rangka perpindahan yang layak, di mana kita bisa melihat pusat dari pemerintahan dan supporting-nya ditargetkan bisa selesai pada 2024,’’ terangnya.

Dia juga memastikan bahwa proyek IKN tidak akan mandek. Sebab, rencana pembangunannya akan berlanjut hingga 2045. ’’Apakah sustain? Kita tahu bahwa IKN dibangun dalam jangka waktu yang sangat panjang, sampai 2045,’’ kata dia.

Sejalan dengan itu, dalam pidato Jokowi tentang RUU APBN 2024 dan Nota Keuangan, anggaran infrastruktur tahun 2024 mencapai Rp 422,7 triliun. Sebagian di antaranya untuk mendukung pembangunan IKN.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, anggaran tersebut bakal digunakan untuk menyelesaikan target pembangunan yang sudah dimulai ataupun direncanakan. Bukan melakukan pembangunan-pembangunan baru. Misalnya, penyelesaian pembangunan kantor presiden, empat kantor kementerian koordinator (Kemenko), dan gedung Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Seluruhnya ditargetkan selesai pada tahun depan. Termasuk, fasilitas pemerintahan lainnya. Misalnya, lapangan untuk upacara perayaan HUT Kemerdekaan Ke-79 RI di IKN Nusantara dan masjid negara.

Basuki juga menyinggung lelang proyek bandara VVIP di IKN. Lelang rencananya dilakukan lebih dini, yakni pada Agustus-Oktober tahun ini. Untuk penghijauan, kata dia, akan dilakukan penanaman pohon pada akhir 2023. Pohon-pohon yang ditanam akan dikirim dari Bogor dan Surabaya.(*)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular