Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemerintah Kecamatan Tenggarong Fokus pada Pemberdayaan Kelurahan dan Desa dalam Musrenbang 2025

TENGGARONG – Pemerintah Kecamatan Tenggarong menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2025, menitikberatkan pada partisipasi Kelurahan dan Desa. Dalam upaya untuk memperkuat pemberdayaan masyarakat, acara yang melibatkan Forkopimcam, para Lurah, Kades Pemkab Kukar, Anggota DPRD Kukar, dan tokoh masyarakat ini berlangsung di gedung BPU Kecamatan Tenggarong pada Rabu (6/3/24).

Camat Tenggarong, Sukono, menekankan pentingnya 1.200 usulan yang berasal dari 12 Kelurahan dan Desa Tenggarong. Sebagai Fokus utama Musrenbang ini, Kecamatan fokus pada pembangunan di tingkat kelurahan, terutama dalam sektor infrastruktur, ekonomi, dan sosial budaya.

“Hal yang menjadi fokus utama pula adalah pada pengentasan kemiskinan serta penanganan stunting,” ungkap Sungkono pada KoranNusantara.com

Dalam proses seleksi, program unggulan akan menjadi prioritas yang akan dilaksanakan oleh pemerintah desa, kelurahan, dan kecamatan. Adanya sinergi antara tingkat pemerintahan ini hingga tingkat provinsi dan pusat diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Selain itu, terkait aspirasi masyarakat, pemenuhan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) mendapat perhatian khusus sebagai kebutuhan mendesak. “Harapannya agar usulan dari kelurahan dan desa, yang 1200 an itu dapat menjadi landasan utama dalam perencanaan pembangunan di Tenggarong, pada 2024 ini, “pungkasnya.

Diketahui, Dari hasil Musrenbang, total ada sebanyak 1.200 buah usulan yang disampaikan yang berasal dari 12 kelurahan dan 2 desa di Kecamatan Tenggarong. Sementara ada 260 usulan yang masuk skala prioritas yang memang diharapkan dapat terlaksana pada tahun 2025 dan 44 kegiatan diantaranya harus dilakukan.

Sekain membahas skala prioritas pada 2025 mendatang saja, pada Musrenbang tersebut, Pemerintah Kecamatan Tenggarong juga membahas rencana kerja yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2024. Dimana Kota Raja nama julukan Ibu Kota Kukar ini akan fokus pada pengentasan kemiskinan ekstrem dan stunting dibawah angka secara nasional. (Adv)

Pewarta : Hanafi
Editor :

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular