Rabu, April 24, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara Mendukung Pembangunan Gedung Balai Pertemuan Umum di Desa Sepakat

TENGGARONG – Desa Sepakat, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), akan segera dibangun Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) oleh Pemerintah Kabupaten Kukar. Sekretaris Desa (Sekdes) Sepakat, Daud, mengatakan Keputusan ini disambut baik oleh pemerintah desa sepakat.

Dia mengatakan Sebelumnya, dalam rapat dengan BPD, kesepakatan telah dicapai untuk membangun gedung menggunakan ADD. Namun, kabar baik datang ketika informasi terbaru mengungkapkan bahwa pembangunan akan didanai oleh Pemerintah Kabupaten Kukar. Hal ini disambut dengan sukacita oleh Pemerintah Desa, mengingat kebutuhan akan infrastruktur yang lebih baik di desa mereka.

“Sebenarnya, awalnya kita mau pakau pagu anggaran kita setelah kami bicara dengan BPD (Badan Pemusyawaratan Desa) dan pemerintah sepakat untuk memanfaatkan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2024, eh malah dengar-dengar informasi dari Kabupaten, pihak pemkab yang akan bangunkan gedung BPU-nya dari APBD Murni, alhamdulillah kami bersyukur banget,” ungkapnya.

Kepala Desa Sepakat menyampaikan rasa syukur atas bantuan dari Pemerintah Kabupaten. Dia mengungkapkan bahwa sebelumnya desa mereka belum pernah memiliki BPU, dan ini merupakan terobosan yang sangat berarti bagi kemajuan desa. Rencana pembangunan gedung BPU ini juga diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) melalui pengelolaan sarana olahraga di dalamnya, seperti lapangan bulu tangkis atau mini soccer.

“Iya kan anak-anak disini banyak yang hoby olahraga bulutangkis dan mini soccer, mudah-mudahan nanti bisa masuk,” harapnya.

Dengan anggaran APBD 2024, pembangunan gedung BPU mendapatkan anggran sebesar 1,7 miliar rupiah, desa mengusulkan membangun gedung dengan ukuran sekitar 20m x 40m. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi kemandirian desa, terutama karena keterbatasan sumber daya dan minimnya perusahaan yang dapat memberikan Corporate Social Responsibility (CSR) di wilayah tersebut.

“Gedung ini akan dibangun di tanah desa di komplek kantor desa jalan Rapak Nyamuk,” tambahnya.

Dengan adanya pembangunan gedung BPU, pemerintah Desa Sepakat menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kukar atas perhatian dan bantuan yang diberikan untuk kemajuan desa mereka. (adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular