Selasa, Mei 28, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemekaran Desa Loa Duri Ulu, Harapan Panjang Masyarakat Dusun Batu Hitam Akhirnya Terwujud

TENGGARONG – Sekian lama menanti, masyarakat Dusun Batu Hitam Loa Duri Ulu Kecamatan Loa Janan akhirnya meraih impian mereka untuk memiliki desa sendiri. Perjuangan panjang ini tercapai dengan diserahkannya Peraturan Bupati (Perbup) tentang Penetapan Desa Persiapan Desa Loa Duri Seberang serta pelantikan Sodiq sebagai Penjabat (PJ) Kepala Desa Loa Duri Seberang oleh Bupati Edi Damansyah di kantor BPU desa setempat beberapa bulan lalu.

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, menyatakan bahwa penetapan Desa Loa Duri Seberang merupakan hasrat lama warga Dusun Batu Hitam yang akhirnya terwujud. Proses pemekaran ini merupakan bagian dari Desa Loa Duri Ulu sejak tahun 2004, namun baru pada tahun 2021 prosesnya mulai berjalan, dengan penyelesaian administratif pada tahun 2022.

“Kami menetapkan keputusan ini pada akhir tahun 2023, setelah sekian lama prosesnya berjalan. Desa Persiapan Loa Duri Seberang memiliki batas waktu 3 tahun, jika tidak selesai dalam periode tersebut, akan dikembalikan ke desa induknya, yaitu Desa Loa Duri Ulu,” ungkapnya.

Pencapaian ini juga ditandai dengan terbentuknya Desa Persiapan Loa Duri Seberang dengan nomor register dari Pemerintah Provinsi Kaltim pada tanggal 21 September 2023.

Dalam sambutannya, Sodiq, yang dilantik sebagai Penjabat Kepala Desa, menekankan pentingnya memahami tugas dan tanggung jawab yang diemban serta menjalin kerjasama dengan para pemangku kepentingan. “Tidak ada keberhasilan yang dicapai dengan bekerja sendiri,” pesannya kepada seluruh masyarakat. Dengan pelantikan ini, masyarakat Dusun Batu Hitam Loa Duri Ulu kini melangkah maju sebagai bagian dari Desa Loa Duri Seberang, menandai awal dari babak baru dalam sejarah mereka. (adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular