Minggu, Juni 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pembukaan Wisata Edukasi: Fokus pada Pendidikan Antariksa dan Keseruan untuk Semua Usia

TENGGARONG – Sejak di buka kembali pada 1 Januari lalu, planetarium jagad raya Kutai Kartanegara (Kukar) selalu ramai pengunjung. Dengan proyektor canggih dari Amerika Serikat, planetarium ini siap memberikan pengalaman yang tidak akan dilupakan oleh pengunjung.

Petugas Informasi Planetarium Jagat Raya Kukar, Evi Indrayani. menjelaskan bahwa planetarium jagat raya merupakan wisata edukasi soal alam semesta satu-satu yang ada di pulau kalimantan.

Evi menyoroti bahwa mayoritas pengunjung saat ini adalah pelajar. Namun, dia menyatakan bahwa antusiasme dari masyarakat umum juga tinggi. “Fokus utamanya memang pada pelajar, tetapi antusiasme dari masyarakat umumnya juga tinggi. Untuk pelajar momen ramenya ketika anak sekolah dalam masa pelajaran antariksa atau selesai ujian,” katanya.

Dia juga menekankan bahwa wisata edukasi ini terbuka untuk umum. Namun, karena fokusnya pada edukasi, terutama dalam bidang antariksa, mayoritas pengunjung adalah pelajar. “Kami menekankan pada aspek edukasinya, jadi pasar utamanya adalah anak-anak pelajar. Namun, kami juga menerima kunjungan dari masyarakat umum,” tambahnya.

Dijelaskan bahwa wisata edukasi ini buka setiap hari, kecuali hari Jumat untuk keperluan pemeliharaan. “Setiap hari kecuali Jumat kami tutup, karena hari Jumat untuk maintenance,” jelas Evi.

Adapun tarif masuknya bervariasi tergantung usia dan status pelajar. “Harga tiket untuk anak-anak adalah Rp10.000, sementara untuk dewasa adalah Rp15.000. Untuk anak-anak di bawah 1 tahun, tidak dikenakan biaya, Planetarium Jagad Raya buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 16.00 WITA,” ungkapnya.

Selain itu, Evi juga memperkenalkan fasilitas dan jenis tontonan yang ditawarkan di wisata edukasi tersebut. “Wisata ini menawarkan berbagai jenis tontonan, terutama tentang antariksa. Meskipun untuk saat ini masih terbatas, tetapi kami berusaha memenuhi permintaan pengunjung,” jelasnya.

Jumlah pengunjung di planetarium untuk hari biasa bisa diatas 30 orang sedangkan untuk hari libur bisa mencapai ratusan orang. “Untuk penayangan minimal pengunjung adalah 30 orang baru bisa diputarkan,” tambahnya.

Para pengunjung yang datang disarankan untuk datang ssbelum jam tayangnya, pengunjung akan diarahkan untuk membeli tiket terlebih dahulu, lalu seperti nonton di bioskop tiket akan dipotong didepan pintu ruangan penayangan antarariksa, setiap pengunjung akan mendapatkan 2 pemutaran tontonan yang berkaitan dengan antariksa, tontonan wajib adalah pengenalan planet-planet tatasurya, sisanya bisa direquest. “Biasanya tontonan kedua itu berkaitan dengan gerhana atau terjadinya siang dan malam, dan soal rasi bintang-bintang atau astronomi, ” tambahnya.

Untuk fasilitas kursi penonton di ruangan penayangan ada sekitar 90 kursi dengan kursi yang bisa diposisikan rebahan, agar memudahkan untuk menonton.

Diketahui, Planetarium Jagad Raya yang dikelola oleh disnas pariwisata kukar ini Diresmikan pada 16 April 2003, Planetarium Jagad Raya sempat vakum selama empat tahun . Namun, sejak awal tahun kemarin, pintu menuju dunia antariksa telah terbuka kembali. (adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular