Minggu, Juni 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pelatihan Kewirausahaan Dispora Kukar Dorong Pengembangan Usaha Lokal

TENGGARONG – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tengah menggelar pelatihan kewirausahaan yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam pengembangan usaha lokal.

Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni dalam keterangan resminya, menyebutkan bahwa pelatihan ini merupakan hasil dari proses musyawarah perencanaan pembangunan kecamatan sebelumnya. “Hasil musrembang kecamatan kami olah menjadi program pelatihan yang kami tawarkan di tingkat kabupaten,” ungkapnya.

Pelatihan yang diselenggarakan ini mencakup beberapa bidang, termasuk pelatihan barbershop, barista, dan tata boga. Program ini ditujukan untuk masyarakat di berbagai kelurahan dan desa di Kukar, dengan harapan dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam bidang kewirausahaan.

“Kami telah menyasar beberapa kelurahan di kecamatan Tenggarong, antara lain mangkurawang, Bukit Biru, Loa Ipuh, dan Sukarame. Termasuk peserta dari Desa di di kecamatan lainnya,” tambahnya.

Dalam upaya memperluas dampak program, Dispora Kukar juga mengintegrasikan pelatihan ini dengan program Rumah Besar Pengentasan Kemiskinan (RBBK). Sebagian besar peserta pelatihan berasal dari keluarga yang tergolong dalam kategori kemiskinan ekstrim, sesuai dengan fokus Pemerintah Daerah dalam penanganan masalah kemiskinan.

“Peserta pelatihan kami prioritaskan dari keluarga yang membutuhkan, terutama yang tergolong dalam kategori kemiskinan ekstrim. Hal ini sebagai langkah konkrit dalam mendukung program pengentasan kemiskinan yang telah diinisiasi Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Diharapkan bahwa melalui pelatihan kewirausahaan ini, masyarakat dapat memperoleh manfaat berupa peningkatan usaha, penciptaan lapangan kerja baru, dan peningkatan ekonomi keluarga. Peserta yang terlibat dalam program ini adalah pemuda berusia antara 16 hingga 30 tahun dari berbagai kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pelatihan ini telah berlangsung mulai dari 2 mei kemarin, dan selesai tanggal 6 mei 2024 mendatang, lokasi pelatihan berpusat di komplek Gelanggang Olahraga Aji Imbu, Kantor Dispora Kukar Tenggarong Seberang, diharapkan program ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pembangunan ekonomi lokal di Kukar. “Untuk para narasumber tentunya kita siapkan yang berpengalaman,” ujarnya.

Selain itu, beberapa peserta pelatihan juga menyampaikan apresiasi mereka atas upaya Pemerintah Daerah dan lembaga terkait dalam memberikan kesempatan dan dukungan bagi pengembangan keterampilan dan peluang usaha bagi masyarakat.

Aji Ali menyebutkan bahwa mayoritas peserta pelatihan adalah mereka yang sudah memiliki usaha sebesar 60 persen, sementara 40 persen sisanya adalah individu yang saat ini belum memiliki usaha tetapi memiliki minat yang besar untuk berwirausaha.

Dengan demikian, pelatihan kewirausahaan yang diadakan oleh Dispora Kukar diharapkan dapat menjadi tonggak awal yang positif dalam memacu pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lingkungan usaha yang lebih berdaya di berbagai kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara. (adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular