Minggu, Juni 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pelatihan Bimbingan Teknis UKS Sekolah Dasar Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Bagi Siswa di Kukar

TENGGARONG – Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan kesehatan di kalangan siswa, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengadakan pelatihan bimbingan teknis bagi petugas Unit Kesehatan Sekolah (UKS) Sekolah Dasar. Kegiatan ini dihadiri oleh 46 peserta dari 20 kecamatan, yang berlangsung di Hotel Fatma Tenggarong selama tiga hari, dimulai dari Senin (6/5/2024) hingga Rabu (8/5/2024).

Kepala Bidang Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Disdikbud Kukar, Joko Sampurno, menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada petugas UKS agar mereka dapat memberikan edukasi yang efektif tentang pentingnya menjaga kesehatan diri dan lingkungan kepada para siswa. Sampurno juga menekankan bahwa generasi muda yang sehat dan cerdas merupakan investasi masa depan yang penting bagi Kukar.

“Hari ini kami menggelar bimbingan teknis bagi Guru yang merangkap menjadi petugas UKS di sekolah dasar, tujuannya adalah untuk peningkatan kapasitas pengetahuan peserta akan kesehatan dan mampu memberikan edukasi kepada siswanya akan pentingnya kesehatan bagi kemajuan bangsa dimasa datang,” ujarnya.

Selain itu, salah satu misi Kukar Idaman adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berakhlak mulia, unggul, dan berbudaya. Melalui pelatihan ini, diharapkan generasi penerus dapat menjadi individu yang sehat, kuat, cerdas, dan berakhlak mulia. “Kegiatan ini juga sesuai dengan misi Bupati kita yakni Kukar Idaman yakni konsen dalam meningkatkan kualitas SDM kita yang berakhlak mulia, unggul, dan berbudaya,” pungkasnya.

Acara ini didukung oleh Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Timur bekerja sama dengan Pengurus UKS Provinsi Kalimantan Timur. Narasumber dalam acara ini adalah Endang dan Ima Rahim, yang akan memberikan wawasan dan pengetahuan yang berharga kepada para peserta.

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara berharap bahwa melalui pelatihan ini, para peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang didapatkan di sekolah masing-masing sehingga dapat menciptakan siswa-siswa yang cerdas, sehat, dan kuat dalam menghadapi masa depan. (adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular