Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pelajaran Penting dari Sang Juara Dunia

JAKARTA – Indonesia harus mengakui Argentina. Sang juara dunia benar-benar memberikan pelajaran penting bagi skuad Garuda. Berlaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin malam, 19 Juni 2023, Argentina mengakhiri laga dalam FIFA Matchday dengan skor dua gol tanpa balas.

Meski begitu, La Albiceleste, julukan timnas Argentina, harus bersusah payah untuk menyarangkan dua gol ke gawang Indonesia. Argentina harus menunggu sampai menit ke-38 untuk mencetak gol pertama. Pertahanan Indonesia benar-benar sangat rapat. Pola 5-3-2 saat bertahan membuat Argentina kesulitan. Buktinya, gol yang dicetak Leandro Paredes itu tercipta lewat shooting dari luar kotak penalti.

Sementara itu, gol kedua tercipta lewat heading Giovani Lo Celso pada menit ke-56. Pelatih timnas Argentina Lionel Scaloni mengakui Indonesia sebagai lawan yang sulit dikalahkan. Menurut mantan pemain Lazio itu, situasi tersebut sudah sesuai prediksinya. ’’Laga seperti ini sesuai perkiraan kami. Ini pertandingan yang tidak gampang. Apalagi, kami bermain tanpa beberapa pemain inti,’’ ucap Scaloni setelah pertandingan.

Dirinya mengaku sangat senang saat timnya bisa mengalahkan Indonesia. Ini adalah kemenangan kedua Argentina dalam tur Asia. Sebelumnya, La Albiceleste mengalahkan Australia dengan skor yang sama saat mengalahkan Indonesia. ’’Saya cukup puas dengan performa tim. Apalagi, cuaca di Indonesia panas. Berbeda dengan di Beijing,’’ ungkap Scaloni.

Sementara itu, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) tidak kecewa meski kalah oleh Argentina. Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, di atas kertas, level Indonesia dan Argentina memang beda. Indonesia yang berada di urutan ke-149 dunia menghadapi tim peringkat pertama FIFA. Menurut STY, perbedaan peringkat FIFA menghasilkan perbedaan permainan kedua tim. ’’Argentina memiliki permainan yang sangat baik,’’ ucap pelatih 53 tahun itu.

Meski demikian, STY memuji mental dan semangat juang para pemain. Menurut dia, Elkan Baggott dkk sangat gigih. Meski lebih sering diserang, para pemain terus berusaha menunjukkan performa terbaik. ’’Secara mental kami tidak kalah jauh. Pengalaman seperti ini yang saya harapkan. Semoga pertandingan ini jadi motivasi kami untuk terus berkembang. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para pemain atas kerja kerasnya,’’ ujar pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia FIFA 2018 Rusia itu.

STY akan menjadikan hasil pertandingan melawan Argentina untuk menghadapi ajang-ajang internasional berikutnya. Setelah ini, salah satu turnamen bergengsi menanti Indonesia. Yaitu, Piala Asia 2023 Qatar. Di ajang itu, Indonesia berada satu grup dengan Jepang, Vietnam, dan Iraq.(kn)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular