Senin, Februari 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Paus Fransiskus Titip Pesan Jaga Kerukunan Beragama

KORANUSANTARA – Toleransi beragama dan perubahan iklim menjadi topik yang dibahas Megawati Seokarnoputri dan Paus Fransiskus dalam lawatannya ke Vatikan.

Kehadiran Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu Istana Apostolik, Vatikan, Senin, 18 Desember 2023, didampingi Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan Michael Trias Kuncahyono, Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani, Bendahara Umum DPP PDIP Olly Dondokambey, dan Ketua DPP PDIP Bidang Hukum Yasonna Laoly.

Anggota Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama Takhta Suci Vatikan Romo Markus Solo Kewuta SVD berkesempatan menjadi penerjemah dalam pertemuan tersebut. ’’Ketika saya bertemu dengan rombongan, memang beliau (Paus Fransiskus) meminta untuk supaya apa yang terjadi di Indonesia dalam kehidupan kerukunan beragama agar diteruskan,’’ ujar Mega dalam keterangan tertulisnya.

Selain isu toleransi beragama, keduanya juga membahas ancaman perubahan iklim yang membahayakan alam dan manusia.   Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan, bangsa Indonesia menaruh perhatian serius dalam upaya menjaga perdamaian dunia. Paus juga mendorong agar Indonesia terus mempertahankan dan saling menjaga nilai toleransi antarumat beragama. Apalagi, Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia.

’’Paus Fransiskus menyampaikan bahwa hal itu harus tetap dipertahankan dan kita harus sama-sama menjaga agar toleransi beragama dan perdamaian yang ada di dunia bisa tetap terjaga,’’ jelas Puan. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular