Kamis, Februari 29, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pastikan Kesiapan Fasilitas Keamanan dan Transportasi di IKN

KORANUSANTARA – Kunjungan ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dimanfaatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengecek progres Pembangunan di sana. Beberapa proyek mendapat atensi Kepala Negara lantaran ditarget bisa digunakan pertengahan 2024. Atau sebelum masa kepemimpinan Jokowi berakhir.

Satu di antaranya adalah pembangunan istana dan Kantor Presiden. Dalam kunjungannya, Kamis, 21 Desember 2023, Jokowi mengajak mantan gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang memiliki latar belakang sebagai arsitek. Jokowi memastikan jika pembangunan Kantor Presiden sesuai dengan konsep. Yakni adanya bilah Garuda yang menjadi ikon Istana Kepresidenan di IKN. Setelahnya, Jokowi juga melakukan groundbreaking kodim, polres, kampus, hingga hunian komersil.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi pun menekankan bahwa pemerintah akan membebaskan sejumlah pajak seperti PPN dan PPH bagi Usaga Kecil Menengah (UKM) yang ingin berinvestasi di Nusantara. “Untuk memberikan trigger ekonomi pada UKM-UKM yang ingin melakukan investasi di IKN,” tandasnya. Hunian menjadi faktor penting. Berbagai pengembang sudah melakukan investasi di IKN. Kali ini mulai dibangun apartemen The Pakubuwono Nusantara. “IKN ini dibangun dengan konsep kawasan yang hijau, lingkungan yang hijau, dan gedungnya harus green building,” tuturnya. Konsep ini diharapkan akan diikuti oleh pengembang lain.

Untuk keamanan, Jokowi melakukan groundbreaking pembangunan komando distrik militer (kodim) dan polres di IKN. Untuk desain Kodim yang dibangun di atas lahan seluas 3,29 hektare diminta menyesuaikan dengan visi IKN sebagai forest city.

Jokowi menilai, IKN sebagai ibu kota negara dan pusat pemerintahan merupakan proyek vital nasional strategis yang harus dipastikan keamanannya. Oleh karena itu, dia berharap dengan keberadaan Kodim IKN yang merupakan kodim tipe A tersebut dapat membantu pemerintah dalam melaksanakan tugas-tugas pengamanan ibu kota negara.

Di hari yang sama, Jokowi melakukan peletakkan batu pertama Gedung Polres Khusus Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Jokowi berharap kehadiran Polres Khusus IKN tersebut akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat hingga menjaga stabilitas dan keamanan di IKN. Sama halnya dengan Kodim, pembangunan Polres ini harus menerapkan konsep green building. Sayangnya itu belum sesuai. “Saya minta untuk desain polresnya juga sedikit dikoreksi agar muncul green building-nya,” ungkapnya.

Selain itu, Polres Khusus IKN juga akan dilengkapi dengan pusat komando hingga fasilitas untuk analisis kecerdasan buatan (AI). ”Termasuk tentu saja organisasinya harus betul-betul disiapkan secara khusus,” jelasnya. Untuk personelnya, Jokowi menyebut bahwa Polres Khusus IKN akan diperkuat sekitar 750 personel yang wilayah kerjanya meliputi enam polsek.

Pembangunan lain yang baru dimulai adalah Gedung II Kampus Nusantara Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Gunadarma. Selain gedung, pembangunan yang dilakukan adalah memulai membangun saran transportasi. Agar sesuai dengan konsep forest city, maka moda yang berada di IKN harus ramah lingkungan. Jokowi juga meresmikan transportasi ramah lingkungan di IKN yang diinisiasi Bluebird Group.

Inisiatif ini merupakan satu langkah maju untuk menciptakan masa depan mobilitas yang berkelanjutan. Peluncuran transportasi ramah lingkungan oleh Bluebird Group ini memiliki nilai investasi sebesar Rp 250 miliar. Kepala Negara menyebut, beragam moda transportasi darat telah dipersiapkan guna mendukung transportasi hijau di IKN. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular