Rabu, April 24, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Panen Raya Melon di Kutai Kartanegara: Kolaborasi Sukses Pemerintah dan Swasta untuk Pengembangan Pertanian Milenial

TENGGARONG – Pada postingan Instagram Edi_damansyah milik Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, pada Kamis (28/3/2024) mengunggah video reel miliknya yang menceritakan kegiatanya pada jumat (23/3/2024) lalu, bersama dengan manajemen PT. Eni Muara Bakau yang diwakili oleh Nina Soraya, saat menghadiri acara panen raya melon di lahan pertanian milenial seluas 1/4 hektar garapan petani milenial yang dimotori Ridho Mahatir Muhammad yang menunjukkan hasil yang sukses, Lahan melon yang berada di Desa Bendang Raya, Kecamatan Tenggarong tersebut, adalah hasil kolaborasi antara petani milenial dengan PT Eni Muara Bakau.

Dari hasil panen itu, Rido menjelaskan bahwa kualitas buah melon yang dihasilkan sudah memenuhi standar supermarket. “Kami telah melakukan tes terhadap tingkat kemanisan dan kadar airnya, serta memastikan bahwa daging buahnya tetap renyah dan segar, dan kualitas buah melon sama seperti melon yang di jual di supermarket,” katanya.

Sementara itu Bupati Kukar, menyatakan bahwa hasil pertanian melon ini sangat menjanjikan, dan lahan pertanian di Desa Bendang Raya tersebut, akan dijadikan sebagai percontohan pertanian melon. Dia berharap agar pertanian melon ini terus dikembangkan di Kutai Kartanegara, sambil berharap kerjasama antara pemerintah daerah dan PT. Eni Muara Bakau terus berlanjut untuk mendukung pemuda-pemudi yang tertarik dalam dunia pertanian.

“Jadi petani sekarang, tidak mesti harus basah-basahan atau masuk lumpur, karena sekarang ini sudah banyak teknologi pertanian yang siap digunakan, untuk anak muda Kutai Kartanegara, liat ini anak-anak muda milenial yang bertani sukses, mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh untuk anak milenial, jadi jangan takut jadi petani,” jelasnya.

Lebih lanjut dalam acara panen melon tersebut juga ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dan PT. Eni Muara Bakau, yang diwakili oleh Manajer Eni Muara Bakau, Nina Soraya, dan Bupati Kukar Edi Damansyah. Ini menunjukkan komitmen mereka untuk terus mendukung perkembangan pertanian di daerah tersebut melalui kolaborasi yang kuat. (Adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular