Senin, Juni 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pakuwon Jati (PWON) Matangkan Rencana Investasi Properti di IKN

JAKARTA – Menggeliatnya pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara rupanya menarik minat PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON). Emiten properti pemilik Mal Kota Kasablanka tersebut terus mematangkan rencana investasi pembangunan proyek di IKN.

Presiden Direktur PWON Alexander Stefanus Ridwan Suhendra mengatakan, minat investasi PWON di megaproyek negara itu telah disampaikan kepada Otorita IKN dan masuk dalam tahap perencanaan, meskipun belum selesai sepenuhnya.

“Di IKN, kami memang berminat. Kami sedang merencanakan, memang belum selesai semua, ada yang masih perlu dibahas tetapi memang berminat membangun IKN, kita perlu support itu,” kata Ridwan di Hotel Sheraton Grand Gandaria City, Selasa, 27 Juni 2023.

Namun, rencana tersebut belum dipaparkan secara terperinci terkait progres realisasi rencana hingga gambaran properti yang akan dibangun di IKN. Yang pasti, pihaknya optimistis dapat berkontribusi dan mendukung proyek tersebut.

Ridwan menilai IKN merupakan peluang yang menguntungkan untuk jangka panjang. Kendati demikian, dia mengaku pada tahap awal pembangunan IKN, peluang untuk mengantongi keuntungan belum begitu signifikan.

“Untungnya, bagaimana? Mungkin waktu awal nggak kencang. Saya percaya ini jalan terus, itu akhirnya kita pasti untung, longterm pasti bagus, ya lokasinya juga harus bagus,” ujarnya.

Direktur PWON Ivy Wong membeberkan rencana pembangunan pusat perbelanjaan atau mal dan gedung multifungsi atau mixed-use building di IKN.  “Apa yang akan kita bangun di sana, jelas Pakuwon biasa bangun mal. Kita juga ingin ada lahan yang di IKN yang bisa kita gunakan untuk mixed-use development,” kata Ivy.

Jika ditelusuri, dalam catatan Otorita IKN, terdapat 1 dari 9 proyek flagship investment yang merupakan mixed-use seluas 7,3 hektare dan berlokasi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Namun, Otorita IKN belum memberikan kepastian siapa pengembang yang menginisiasi proyek tersebut.

Pakuwon merupakan perusahaan di bidang properti yang selama ini terkenal yang besar mengembangkan pusat perbelanjaan komersial (mal), perkantoran dan hotel maupun properti development. Properti besar milik Pakuwon sendiri biasanya berkonsep mixed-use dan superblok.

Selain itu, Pakuwon Jati juga mengembangkan perkantoran dan kondominium strata-tittle dan pengembangan residensial berskala kota mandiri (township) untuk dijalani. Pakuwon merupakan pemilik sejumlah properti kenamaan seperti Superblok Gandaria City hingga Superblok Kota Kasablanka.(kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular