Sabtu, Juni 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia Mulai Produksi Bulan Juni 2024

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pabrik baterai listrik di RI bakal mulai produksi bulan depan atau Juni 2024. Ia berharap, ke depan ekosistem kendaraan di tanah air bisa segera terbentuk.

“Nanti bulan depan, itu yang namanya pabrik industri baterai sudah mulai berproduksi sehingga diharapkan ini ekosistem ini segera terbangun, segera terbentuk,” kata Jokowi kepada wartawan, ditulis Minggu (5/5/2024).

Lebih lanjut, Jokowi mengklaim bahwa Indonesia sudah siap memiliki ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air yang akan segera terbentuk. Salah satunya dengan hadirnya 59 industri motor listrik yang berproduksi di Indonesia.

“Mobil listrik ada 5 pabrikan dan akan 6. Bus listrik ada satu. Truk juga satu. Ini bangunan besar ekosistem EV (electric  vehicle) yang harus kita jaga, jangan sampai ada hambatan-hambatan,” lanjutnya.

Mantan Wali Kota Solo ini juga menegaskan bahwa pemerintah terus berupaya membangun ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri agar terus berjalan.

Menurutnya, hal ini penting agar Indonesia siap berkompetisi secara global dalam industri kendaraan listrik.

“Ini sudah dimulai sehingga kalau nanti industri baterai listriknya jadi, pabrik mobil listrik, sepeda motor listrik, bus listrik semuanya jadi, segera ekosistemnya akan terbentuk. Inilah daya saing yang ingin kita tunjukkan bahwa kita memang siap untuk berkompetisi di arena global,” pungkas Jokowi.

Sebagai informasi, guna ikut serta membangun ekosistem kendaraan listrik di tanah air, sampai hari ini PT PLN (Persero) tercatat telah memiliki 1.370 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), 9.886 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) dan 2.182 Stasiun Penukaran Baterai Listrik Umum (SPBKLU).

Bahkan, PLN juga berinovasi mengembangkan 2.000 unit SPKLU pada tiang listrik (Pole Mounted) yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, infrastruktur non fisik yang telah dikembangkan PLN, dalam hal ini PLN menghadirkan fitur EV Digital Services (EVDS) di Super Apps PLN Mobile.

Melalui fitur ini PLN memudahkan para pengguna EV untuk mengetahui keberadaan charging station terdekat, layanan test drive, mengajukan pemasangan layanan home charging, marketplace untuk membeli EV, hingga mengatur rencana perjalanan jauh. Menu Trip Planner ini akan otomatis memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui sesuai rute perjalanan. (JP/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular