Sabtu, Mei 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Optimisme Bupati Kutai Kartanegara dalam Mendorong Kesuksesan Petani Milenial

TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, menyerukan kepada semua pemimpin di tingkat kecamatan dan desa untuk tidak mengeluh dalam mengembangkan petani milenial di wilayah mereka. Edi menekankan bahwa para camat dan kepala desa perlu memelihara optimisme dalam mengarahkan para petani muda menuju kesuksesan.

“Kita harus mampu mencetak generasi penerus pertanian kita. Ini adalah tantangan bagi kita, jadi jangan mengeluh,” ujar Bupati Edi Damansyah.

Orang nomor 1 di Kukar tersebut, mengakui bahwa meskipun sudah banyak petani milenial yang aktif, namun masih ada yang belum berhasil. Oleh karena itu, Bupati menegaskan bahwa tantangan ini harus dijadikan sebagai pencerahan dan motivasi untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada mereka.”Jumlah petani milenial kita tercatat terbanyak se Kaltim, tapi harus kita akui masih banyak yang belum sukses menjadi petani milenial dan ada pula yang sudah sukses,” ungkapnya.

Agar meningkatkan kualitas petani milenial dengan menggelar berbagai pelatihan demi menambah wawasan para petani milenial diwilayah nya.

“mangkanya tantangan kita yang pertama akan kita lakukan untuk petani milenial adalah memberikan pencerahan dan peningkatan wawasan lebih dahulu,” ujarnya

Edi juga menekankan dalam pengembangan petani milenial telah menunjuk beberapa titik untuk dijadikan daerah percontohan pertanian milenial, dimana ditempat tersebut telah ada contoh beberapa petani milenial yang sukses, seperti di daerah Desa Bendang Raya Kecamatan Tenggarong dan Desa Pancajaya Kecamatan Tenggarong Seberang.

“Kami selalu mendorong untuk terus mempublikasikan petani milenial ini agar menjadi daya tarik bagi pemuda untuk terlibat dalam dunia pertanian,” tambahnya.

Bupati juga menekankan pentingnya peralihan dari pertanian tradisional ke pertanian modern. Untuk mewujudkan hal tersebut. “Saya optimis kebutuhan tanaman hortikultura di kaltim ini banyak yang dikerjakan oleh anak-anak muda, oleh sebab itu kita akan dukung kearah yang lebih modern seperti membangunkan greenhouse,” tutupnya. (Adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular