Kamis, Februari 29, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Optimalkan Kawasan Investasi di Kaltim, Sapto Dorong Pemprov Tawarkan Kemudahan Investor

SAMARINDA – Anggota Komisi II DPRD Kaltim Sapto Setyo Pramono berharap pemerintah daerah mengawal optimalisasi investasi  potensial di Kaltim. Ia mendorong promosi dan kompensasi yang menarik, agar bisa menggaet para investor.

Sapto berharap Pemprov Kaltim gencar mempromosikan kawasan industri dan ekonomi  seperti Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy di Kutai Timur, Kawasan Industri Buluminung (KIB) di Penajam Paser Utara dan Kawasan Industri Kariangau (KIK) di Balikpapan. Musabab kawasan – kawasan belum maksimal menarik investor menanamkan modalnya.

“Kawasan ini kan sudah dicanangkan. Tinggal bagaimana menggaet mereka (investor) mau masuk ke kita, kasih apa, fasilitasnya bagaimana?,” jelasnya, Kemarin, Selasa (24/10/2023).

Promosi yang ditawarkan sebut Sapto bisa dilakukan berbagai cara. Salah satunya menurutnya, Pemprov dapat menawarkan kemudahan-kemudahan dalam investasi.

“Dengan kemudahan apa? Kompensasi apa, diskon apa yang diberikan. Korelasinya dengan pajak juga. Anggap saja selalu berinvestasi 1-2 tahun, dikasih kompensasi. Tahun ketiga baru dikasih pajaknya. Tinggal skemanya bagaimana,” terangnya.

Lebih lanjut politisi ini menerangkan, optimalisasi yang dimaksud termasuk penggunaan alat, kendaraan dan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sebuah proyek investasi. Agar tak hanya aspek invetasi yang menjadi keuntungan yang diperoleh Kaltim.

“Misalnya, ada pihak yang mau berinvestasi di Kaltim. Ya kendaraan dan alat berat yang dipakai harus berplat KT, harus dari Kaltim,” tutupnya. (adv/dprdkaltim/kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular