Senin, April 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

OIKN Luncurkan Aplikasi IKNOW, Layanan Terintegrasi bagi Masyarakat IKN

JAKARTA – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengembangkan aplikasi IKNOW dalam rangka mendukung layanan terintegrasi bagi masyarakat IKN di Kalimantan Timur.

“Dalam tahap perkenalan dan masih dalam pengembangan lebih lanjut,” ujar Kepala Project Management Officer Smart City OIKN Daniel Oscar Baskoro atau disapa Oscar dalam acara Nusantara Fair yang digelar OIKN di Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Oscar mengatakan bahwa aplikasi tersebut masih dalam tahap beta (pengembangan), mengingat pihaknya masih menghimpun berbagai masukan.

“Aplikasi IKNOW ini masih dalam tahap beta, masih sangat internal digunakan karena kami masih menghimpun masukan, saran, dan lainnya,” katanya.

Menurut dia, ke depan aplikasi ini digunakan untuk aplikasi integrasi layanan IKN.

“Kalau kita bicara mengenai smart feature, semua diintegrasikan untuk masyarakat dalam satu aplikasi. Jadi kami juga menerapkan bagaimana sistem pemerintah berbasis elektronik (SPBE) di mana dengan SPBE menjadi efisien,” katanya.

Semua layanan digital yang untuk masyarakat, lanjut Oscar, hanya satu dan masyarakat tidak perlu lagi mengunduh banyak aplikasi di handphonenya.

“Masyarakat cukup mengunduh satu aplikasi untuk berbagai macam layanan di IKN seperti terkait dengan gawat darurat, layanan kesehatan, pariwisata, dan sebagainya,” katanya.

Tampilan aplikasi IKNOW versi beta terdiri dari fitur-fitur seperti techno house, kenali IKN, berita, lapor dan aduan, daftar kontak darurat, serta pelayanan kesehatan.

Di aplikasi ini masyarakat juga bisa memantau progres pembangunan di IKN dari waktu ke waktu.

Berdasarkan Cetak Biru Kota Cerdas Nusantara yang diterbitkan oleh OIKN, penerapan kota cerdas bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup warganya melalui akses yang lebih baik terhadap layanan dan fasilitas, menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan aman.

Kemudian meningkatkan kapasitas penguasaan dan pengembangan teknologi, serta mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya secara efektif dan efisien dengan mengutamakan kenyamanan dan privasi warga. (Ant/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular