Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Momentum Hari Sumpah Pemuda Ke-95, Ketua DPRD Kaltim Dorong Peningkatan Kapasitas Generasi Muda

SAMARINDA – Ketua DPRD Kaltim, Hasanuddin Mas’ud, mengajak para pemuda di Kalimantan Timur pada momentum Hari Sumpah Pemuda ke-95, untuk terus melakukan peningkatan kemampuan dan kapasitas diri.

Apalagi mengingat kehadiran Ibu Kota Nusantaradi Bumi Mulawarman. Menurutnya, pemindahan IKN ke Kaltim merupakan kesempatan bagi pemerataan pembangunan di Indonesia. Dan para generasi muda di Mulawarman tidak boleh menyiakan momentum IKN ini dan menyiapkan diri menyambut Nusantara.

“Generasi muda di Kaltim, harus mempersiapkan diri. Bisa lewat peningkatan keterampilan dan kemampuan agar bisa jadi SDM unggul dan berkualitas,” kata Hasan.

Politisi Golkar Kaltim tersebut menyatakan pemindahan IKN ke Kaltim telah menjadi daya tarik nasional. Sehingga, diperkiarakan akan terjadi perpindahan penduduk ke Nusantara dengan jumlah yang besar.

“Nanti setelah IKN sudah pindah ke Kaltim, penduduk yang bermigrasi ke Kaltim diprediksi akan terjadi,” sebutnya.

Menurut data dari Bappenas dalam tahapan perwujudan IKN Nusantara diharapkan akan terisi sebanyak 1,7 hingga 1,9 juta orang penduduk. Sementara itu, pada tahun 2024, sekitar 16.990 ASN, TNI, dan Polri akan dipindahkan ke IKN Nusantara.

Menurut Hasan, tidak hanya ASN yang akan berpindah ke IKN. Akan banyak lapangan pekerjaan yang terbuka, dan membuat masyarakat dari luar Kaltim akan mencoba peruntungannya disana.

“Melihat ini, tentu persaingan dunia kerja akan semakin ketat, jangan sampai anak muda Kaltim, justru tidak bisa bersaing dan hanya menjadi penonton,” tutupnya. (KN/ADV)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular