Selasa, Juni 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Miss Universe Indonesia 2023 Menyisakan Skandal

KORANUSANTARA –Pihak Miss Universe Indonesia akhirnya angkat bicara menanggapi masalah body checking (pemeriksaan tubuh) yang menjadi viral. Dalam kasus tersebut, finalis diminta telanjang untuk keperluan pengecekan tubuh. National Director Miss Universe Indonesia Poppy Capella memberikan klarifikasi. Pernyataannya itu dirilis resmi di Instagram Miss Universe Indonesia, Senin 8 Agustus 2023.

“Kepada pendukung kami yang berdedikasi, perwakilan media, dan masyarakat luas, dalam dunia kontes yang dinamis, suara bergema dari setiap arah. Setiap komentar, setiap umpan balik, apakah dibungkus pujian atau ditaburi dengan kritik adalah vital dalam memahat narasi Miss Universe Indonesia,” tulis Poppy. Ia pun menyampaikan rasa terima kasihnya yang sudah ikut membangun Miss Universe Indonesia, hingga akhirnya bisa terlaksana.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih yang tulus kepada semua orang yang telah meluangkan waktu untuk berbagi pandangan, perasaan, dan perspektif dengan kami. Komentar Anda bukan sekadar kata-kata, mereka adalah kekuatan yang kuat, mendorong tekad kita dan semangat,” tutupnya.

Kemeriahan perhelatan perdana Miss Universe Indonesia 2023 menyisakan skandal. Sejumlah kontestan diduga menjadi korban pelecehan ketika diminta melakukan body checking sebelum memasuki sesi grand final. Kegiatan itu diduga dilakukan tidak sesuai dengan prosedur. Puluhan kontestan difoto dalam kondisi tanpa menggunakan busana. Terbaru, kasus tersebut telah dibawa ke jalur hukum. Salah seorang korban berinisial PKN resmi melaporkan peristiwa yang menimpanya itu ke Polda Metro Jaya, Senin, 7 Agustus 2023.

PKN memolisikan pihak penanggung jawab acara, yakni PT Capella Swastika Karya. ’’Setelah berkonsultasi dan berdiskusi dengan korban, kami akhirnya melaporkan perbuatan dugaan adanya pelecehan terhadap klien kami,’’ kata Mellisa Anggraini sebagai kuasa hukum korban. Dia menyatakan bahwa ada sejumlah nama yang diduga terlibat dalam kasus tersebut. Hanya, dia tidak bisa membongkar nama-nama yang dilaporkannya itu.

Sejumlah bukti yang memperkuat laporan itu pun telah diserahkan kepada pihak kepolisian. Mulai dokumen berupa surat, foto, hingga video. Mellisa membeberkan, kejadian itu dialami kliennya pada Selasa, 1 Agustus 2023. Agenda pemeriksaan tubuh tanpa busana sekaligus foto mulanya tidak ada dalam rangkaian acara yang telah disebarkan kepada para kontestan.

Mellisa menyampaikan, peristiwa itu membuat puluhan kontestan tidak nyaman. Bahkan mengalami tekanan hebat alias mengganggu kestabilan kondisi mental para kontestan. Setidaknya, dia membeberkan ada 30 kontestan yang turut menjalani sesi pemeriksaan tubuh sekaligus pemotretan tanpa busana itu.

Buntut dari masalah itu, National Director Miss Universe Indonesia Elden Wang dan Visual Director Miss Universe Indonesia Rio Motret memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Sementara itu, Miss Universe Indonesia 2023 telah rampung digelar Kamis, 3 Agustus 2023. Perwakilan dari DKI Jakarta, Fabienne Nicole Groneveld, dinobatkan sebagai pemenang Miss Universe 2023.  Terpilihnya Fabienne Nicole rupanya menuai kritik lantaran tidak memenuhi persyaratan minimal tinggi ikut ajang kecantikan ini. Padahal, berdasarkan persyaratan, tinggi badan minimum peserta seharusnya 168 cm. Tidak hanya itu, Fabienne Nicole juga dituduh menyogok penyelenggara hingga Rp 5 miliar. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular